Ahad 10 Dec 2023 06:01 WIB

Blackpink Grup K-Pop Wanita Pertama yang Capai 3 Miliar Streaming Setahun di Spotify

Prestasi ini diraih Blackpink meski tidak sedang merilis album pada 2023.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Blackpink. Blackpink menjadi grup K-pop wanita pertama yang mencapai 3 juta streaming di Spotify dalam setahun.
Foto: Victoria Jones/Pool Photo via AP
Blackpink. Blackpink menjadi grup K-pop wanita pertama yang mencapai 3 juta streaming di Spotify dalam setahun.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun tidak merilis album grup pada 2023 dan hanya menawarkan lagu non-promosi untuk video game mereka “The Game,” grup K-pop Blackpink terus membuat heboh di salah satu platform musik utama dunia, Spotify. Mereka menjadi grup K-pop wanita pertama yang mencapai tiga miliar streaming dalam satu tahun kalender di platform tersebut.

Baca Juga

Pencapaian ini datang tanpa adanya agenda padat seperti comeback grup atau promosi besar yang menyoroti popularitas dan pengaruh Blackpink yang bertahan lama di dunia musik. Para penggemar dan pengamat industri kini menantikan rekor apa yang mungkin dipecahkan grup ini selanjutnya, terutama dengan pembicaraan mengenai comeback grup.

Dilansir Allkpop, Ahad (10/12/2023), dampak Blackpink melampaui tangga musik hingga bidang finansial. Menyusul pengumuman perpanjangan kontrak mereka dengan YG Entertainment, terjadi lonjakan harga saham perusahaan melonjak lebih dari 26 persen. 

 

Peningkatan ini penting, terutama mengingat ketidakpastian investor sebelumnya dan kepergian pemangku kepentingan utama seperti Samsung. Kesuksesan Blackpink yang berkelanjutan tidak hanya memperkuat posisi mereka sebagai grup wanita terkemuka di industri musik tetapi juga terbukti menjadi keuntungan finansial bagi label mereka. Di sisi lain, lagu hit mereka "How You Like That" yang dirilis pada tahun 2020 sebagai single berhasil menjadi lagu Korea pertama dari grup K-pop yang melampaui 900 juta streaming di Spotify. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement