Kamis 07 Dec 2023 20:38 WIB

Warga Usia 50 Tahun ke Atas Diminta Lengkapi Dosis Vaksin Covid-19

Lansia di atas 50 tahun diminta segera melengkapi vaksinasi empat dosis.

Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Lansia di atas 50 tahun diminta segera melengkapi vaksinasi empat dosis.
Foto: Wikimedia
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Lansia di atas 50 tahun diminta segera melengkapi vaksinasi empat dosis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan  warga yang berusia 50 tahun ke atas harus sudah melengkapi dosis vaksinasi Covid-19 dengan empat dosis. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah tertularnya virus yang saat ini kembali melonjak sejak November 2023.

"Diharapkan pralansia usia di atas 50 tahun segera melengkapi vaksinasi 4 dosis," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama saat dihubungi di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Ngabila mengatakan, pralansia masuk dalam kategori yang berpotensi mengalami kondisi parah jika terkonfirmasi Covid-19 sehingga perlu melengkapi vaksinasi sebagai daya tahan tubuh. "Pralansia usia di atas 50 tahun, orang yang berpotensi mengalami keparahan karena ada komorbid. Jadi harus dilengkapi vaksinasi sampai empat dosis," ujar Ngabila. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menyebutkan terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Jakarta sejak bulan lalu. Tercatat lonjakan kasus positif Covid-19 itu terjadi sejak 13 November 2023.

 

Hingga 3 Desember 2023, jumlah kasus positif Covid-19 naik 30 hingga 40 persen dari minggu sebelumnya. Namun, Ngabila tidak menyebutkan angka rinci kenaikan kasus positif Covid-19 tersebut.

"Dalam satu bulan (November) itu naik 22 persen apabila dibandingkan bulan sebelumnya (Oktober)," kata Ngabila.

Indonesia, kata Ngabila, sejatinya sudah masuk fase endemi Covid-19 sejak Juni 2023. Lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta terakhir terjadi pada Mei-Juni 2023. Peningkatan kasus Covid-19 di DKI Jakarta masih tergolong aman dan sangat terkendali. Hal itu dilihat dari tidak adanya kenaikan pasien yang dirawat di rumah sakit. 

"Masyarakat diimbau jangan panik, terus tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat," kata Ngabila.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement