Selasa 05 Dec 2023 12:59 WIB

Siap-Siap Liburan Akhir Tahun, Cek Dulu 10 Kiat Berburu Tiket Pesawat Murah

Ada beberapa kiat praktis yang dapat membantu Anda diskon tiket pesawat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meskipun permintaan meningkat, ada beberapa kiat praktis yang dapat membantu Anda mendapatkan penawaran dan diskon tiket pesawat serta hotel.
Foto: Republika/Prayogi
Meskipun permintaan meningkat, ada beberapa kiat praktis yang dapat membantu Anda mendapatkan penawaran dan diskon tiket pesawat serta hotel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Desember berarti musim liburan bagi banyak orang. Dengan adanya liburan sekolah dan kuliah serta liburan Natal dan Tahun Baru di beberapa tempat kerja di seluruh dunia, ini adalah waktu yang tepat untuk bepergian. Namun di saat yang sama, ini juga merupakan musim tersibuk bagi industri perhotelan dan juga maskapai penerbangan. Hal ini menyebabkan lonjakan harga tiket pesawat dan tarif kamar hotel. 

Meskipun permintaan meningkat, ada beberapa kiat praktis yang dapat membantu Anda mendapatkan penawaran dan diskon tiket pesawat serta hotel. Berikut 10 tips dan trik tersebut seperti dilansir laman GadgetsNow, Selasa (5/12/2023):

Baca Juga

1. Unduh plugin penurunan harga penerbangan di browser Chrome

Google Chrome mendukung plugin pihak ketiga yang memantau tarif penerbangan langsung dan memberi tahu pengguna tentang potensi penurunan harga. Beberapa plugin yang bagus adalah Flight Fare Compare dan CheaperThere.

 

 

2. Aktifkan fitur kupon di browser Microsoft Edge

Fitur kupon bawaan Microsoft Edge menyederhanakan proses penghematan uang, mengingatkan pengguna tentang kupon yang tersedia saat mengunjungi situs pengecer, dapat diakses dengan mengklik tag belanja berwarna biru di bilah alamat. Saat checkout, pengguna dapat menerapkan kode secara manual atau membiarkan Microsoft Edge secara otomatis menguji dan menerapkannya untuk penghematan maksimal.

 

3. Cari perbandingan harga di browser Microsoft Edge

Microsoft Edge melangkah lebih jauh dengan memfasilitasi perbandingan harga saat mencari tiket, menyediakan daftar harga dari situs web pesaing dengan tautan langsung untuk kenyamanan pengguna. Jika harga saat ini sudah terendah, Microsoft Edge menawarkan jaminan ini, menyederhanakan proses belanja.

 

4. Gunakan Google untuk menemukan waktu yang tepat untuk memesan penerbangan Anda

Google sudah menawarkan pelacakan harga penerbangan yang memberi tahu pengguna tentang harga termurah yang tersedia untuk penerbangan tertentu. Namun, dengan integrasi AI, Google kini dapat memberi tahu Anda waktu yang tepat untuk membeli tiket tujuan tertentu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkannya untuk mencari tiket penerbangan menggunakan Google Penerbangan dan memeriksa detail tambahannya.

 

5. Periksa hotel, rekomendasi wisata, dan lainnya di Google Explore

Google Explore berfungsi sebagai pusat perjalanan yang komprehensif, menawarkan fitur untuk pemesanan hotel, reservasi penerbangan, rekomendasi tamasya, pilihan tempat makan, dan transportasi lokal.

Khusus untuk penerbangan, Google Explore menyertakan alat yang menunjukkan apakah tarif penerbangan saat ini rendah, normal, atau tinggi berdasarkan standar reguler, sehingga membantu pengguna dalam mengambil keputusan pemesanan yang tepat.

 

6. Gunakan mode incognito

Maskapai penerbangan dan platform pemesanan tiket online memantau pola pencarian pengguna menggunakan cookie. Misalnya, jika Anda mencari tiket penerbangan dari New Delhi ke Mumbai dan kembali lagi nanti untuk memesannya, ada kemungkinan Anda menemukan harga yang lebih tinggi.

Untuk mengurangi hal ini, disarankan untuk selalu menggunakan mode incognito atau menghapus cookie. Selain itu, disarankan untuk tidak mencari tiket pada hari Ahad atau hari libur lainnya, karena peningkatan pencarian di akhir pekan dapat menyebabkan harga lebih tinggi.

 

7. Penerbangan siang hari biasanya lebih murah

Pilihlah penerbangan siang hari jika Anda memiliki fleksibilitas dalam jadwal perjalanan Anda, karena penerbangan pagi hari biasanya cenderung lebih mahal. Meskipun tidak ada aturan tetap mengenai hal ini, disarankan untuk memeriksa tarif sepanjang hari untuk mengidentifikasi opsi penerbangan yang lebih ramah anggaran.

 

8. Periksa penerbangan selama beberapa hari, jika Anda fleksibel dengan tanggalnya

Jika Anda merencanakan liburan, cobalah untuk sedikit lebih fleksibel dengan tanggalnya karena ini bisa memberi Anda tiket penerbangan yang relatif murah. Anda mencari penerbangan sehari sebelum atau sesudahnya dan memesan penerbangan yang paling terjangkau.

 

9. Belilah kartu perjalanan dari bank

Bank menawarkan kartu perjalanan di mana mereka menawarkan penawaran dan diskon tambahan untuk pemesanan tiket penerbangan. Atau, setidaknya tawarkan lebih banyak poin loyalitas untuk manfaat tambahan.

 

10.Gunakan poin dan program loyalitas maskapai penerbangan

Sebagian besar maskapai penerbangan memiliki semacam program loyalitas. Mengumpulkan poin ini dapat memberi Anda tiket diskon atau bahkan tiket gratis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement