Selasa 28 Nov 2023 20:31 WIB

Sara Fajira Menggali Makna Cinta di Album Tresna

Sara hadirkan unsur musik pentatonik tradisional pada sembilan lagu di album Tresna.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Musisi Sara Fajira merilis album penuh berjudul Tresna.
Foto: Dok Sara Fajira
Musisi Sara Fajira merilis album penuh berjudul Tresna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Sara Fajira telah merilis album penuh berjudul Tresna. Dalam bahasa Jawa, "tresna" berarti "cinta". Menurut Sara, kata itu terdengar mudah diucapkan oleh banyak orang, namun nyatanya sangat sakral, rumit, dan berbelit dalam perbuatan. 

Sara ingin menggali makna cinta dan sifat-sifat turunannya, coba menakar sisi terang dan sisi gelap dari "tresna". Bagaimanapun, cinta bisa membuat seseorang mau melakukan apa pun, bahkan menghalalkan segala cara, untuk mendapatkan yang ia cintai. 

Baca Juga

"Tresna yang membuat seseorang tak peduli akan apa yang akan ia dapatkan di ujung usahanya, apakah kegagalan atau keberhasilan, apakah sakit hati atau kebahagiaan," demikian kutipan di siaran pers tentang album terbaru Sara yang diterima Republika.co.id.

Sara menghadirkan unsur musik pentatonik tradisional pada sembilan lagu di album Tresna. Perempuan 27 kelahiran Surabaya itu mengejawantahkan "tresna" yang dia maknai dalam bentuk perasaan atau emosi yang berbeda-beda di tiap lagu.

Album Tresna memuat lagu berjudul "Hinggil", "Lara", "Tresna", "Ytb, Got It", "Sweet Tooth" (feat Naykilla), "Lost & Not Found", "Moonstruck", "Into You", dan "Tranquil". Pendengar diajak merasakan sakral cinta dalam tiap lagu dalam bentuk kebahagiaan, penyesalan, kekecewaan, keegoisan, dan rasa emosi lain.

Dia berharap lagu-lagu dalam album Tresna bisa menjadi soundtrack kehidupan pendengarnya. Dengan terkoneksi melalui lagu, pendengar bisa mengenali pengalaman hidup atas cinta di tiap tembang, dalam balutan musik pop dan paduan budaya etnis lokal khas Sara.

Pemilihan kata "tresna" sebagai judul album juga semacam doa dari Sara dan tim agar para pendengar lebih mencintai musik Indonesia dan budaya tradisonalnya. Untuk melengkapi perilisan album, Sara telah merilis video musik dari lagu "Into You".

Tembang tersebut menjadi lagu utama dalam album. "Into You" menyoroti bahwa cinta antara dua manusia bukanlah sekedar perkenalan sesaat atau ucapan. Cinta dua sejoli juga bagaimana satu individu mengenal sangat dalam akan pribadi pasangannya, dan juga sebaliknya.

Proses seseorang mengenal pribadi pasangannya bukanlah proses kebut semalam. Seringnya, proses seperti justru bermula saat pendekatan seseorang pada sosok yang dia incar untuk menjadi pasangannya. Secara musikalitas, "Into You" merupakan tembang berirama mid-tempo yang komposisinya menyandingkan suara synthesizer dengan alunan musik pentatonis tradisional Sunda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement