Ahad 26 Nov 2023 07:55 WIB

Tak Hormati Enhypen, Good Morning America Dikecam

Pembawa acara sering kali salah menyebut nama Enhypen.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Grup KPop Enhypen
Foto: Dokumen
Grup KPop Enhypen

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Acara pagi populer di Amerika, Good Morning America mendapat kecaman setelah dianggap kurang menghormati grup K-pop, Enhypen selama penampilan mereka dalam siaran langsung. Beberapa waktu lalu, Enhypen muncul dalam film animasi Pinkfong Baby Shark's Big Movie, dengan memberikan suara untuk karakter band K-pop.

Selain itu, mereka juga merilis lagu berjudul “Keep Swimmin' Through” sebagai bagian dari promosi film tersebut. Sebagai bagian dari serangkaian promosi, Enhypen diundang untuk tampil dalam Macy’s Thanksgiving Day Parade di New York City, di mana mereka menjadi pusat perhatian saat menaiki kendaraan hias Baby Shark dan memukau penonton.

Baca Juga

Namun, kontroversi muncul ketika diumumkan bahwa Enhypen menjadi tamu di Good Morning America, sebuah program pagi di Amerika Serikat. Para penggemar menjadi marah ketika beberapa momen selama siaran membuat mereka merasa bahwa grup tersebut tidak dihargai sebagaimana mestinya.

Sebelum penampilan mereka, Enhypen diwawancarai oleh dua reporter ABC, Juju Chang dan Sam Champion. Chang salah menyebut nama grup tersebut sebagai "ipen" beberapa kali.

Selama wawancara, grup tersebut ditanyai tentang tur AS mereka dan peran dalam film Baby Shark. Jake dan Jay memberikan jawaban, meskipun mikrofon Jay tidak berfungsi dengan baik. Seiring berjalannya waktu, Chang, yang merupakan warga Korea-Amerika, membuat komentar yang dianggap kontroversial, "Bahasa Inggris mereka jauh lebih baik daripada bahasa Korea saya."

Chang juga kembali salah menyebut nama grup ketika memperkenalkan lagu mereka, kali ini menyebut mereka "enpen." Terlepas dari kesalahan verbal, kualitas produksi siaran juga menuai kritik, terutama ketika akun resmi Good Morning America membuat kesalahan dalam memposting klip wawancara, dengan merujuk pada album baru Enhypen sebagai Orange Blood alih-alih Blood Orange.

Keluhan yang muncul dari penggemar K-pop menyoroti kurangnya riset yang dilakukan oleh media Barat dalam melaporkan fakta-fakta dasar tentang grup tersebut. Kritik ini diperkuat oleh sejumlah kesalahan penyiaran yang membingungkan dan klaim tidak akurat.

Komentar Chang tentang kemampuan berbahasa Inggris Jay dan Jake juga memunculkan kritik, dianggap sebagai agresi mikro, yaitu pernyataan tidak disengaja yang dianggap diskriminatif terhadap kelompok tertentu. Penggemar Enhypen menyampaikan kekecewaan mereka atas perlakuan yang kurang menghormati dari Good Morning America dan mengutuk tindakan tersebut sebagai kurangnya apresiasi terhadap seni dan budaya K-pop. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement