Kamis 23 Nov 2023 19:05 WIB

Tom Cruise Selamatkan Manajer yang Hampir Dipecat karena Bela Palestina

Unggahan yang dibuat oleh Dakhil sempat menuai kontroversi di industri Hollywood.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Aktor Tom Cruise
Foto: EPA-EFE/BIANCA DE MARCHI
Aktor Tom Cruise

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Tom Cruise dikabarkan pasang badan untuk manajernya yang terancam dipecat dari perusahaan agensi Creative Artist Agency (CAA). Sang manajer terancam dipecat karena membuat unggahan pro Palestina di media sosial.

Sang manajer, Maha Dakhil, merupakan salah satu manajer talent paling berpengaruh di CAA. Akan tetapi, posisinya sebagai manajer paling berpengaruh mulai goyah setelah dia membuat unggahan pro Palestina di media sosial.

Baca Juga

Unggahan yang dibuat oleh Dakhil sempat menuai kontroversi di industri hiburan Hollywood. Alasannya, unggahan tersebut memuat kritik tajam terhadap Israel dan menyebut serangan yang dilakukan Israel terhadap Gaza sebagai genosida.

"Apa yang lebih menyayat hati dibandingkan menyaksikan genosida? Menyaksikan penyangkalan bahwa genosida sedang terjadi," tulis wanita berusia 48 tahun tersebut di Instagram, seperti dilansir Independent pada Kamis (23/11/2023).

Dakhil juga membagikan sebuah unggahan dari akun Free Palestine. Unggahan tersebut memuat kalimat yang berbunyi, "Anda saat ini sedang mempelajari siapa saja yang mendukung genosida."

Tak lama setelah itu, Dakhil menghapus unggahan-unggahan pro Palestina yang dia buat. Dakhil juga membuat akun Instagramnya menjadi private.

Sebagian rekan Dakhil di industri hiburan menyuarakan protes karena menurut mereka unggahan tersebut bersifat antisemit. Tak sedikit pula yang menyatakan bahwa unggahan pro Palestina Dakhil akan membuat kariernya di Hollywood bermasalah.

Prediksi tersebut ternyata benar terjadi. Salah satu klien ternama Dakhil, sutradara Aaron Sorkin, memutuskan untuk keluar dari CAA setelah Dakhil membuat unggahan pro Palestina. Sutradara Steven Spielberg juga menghapus nama Dakhil sebagai manajer dari laman IMDB-nya. Akan tetapi, Spielberg memang sejak awal tidak pernah menjadi klien Dakhil.

Kontroversi ini memaksa Dakhil untuk meminta maaf secara resmi dan mundur dari posisi pimpinan di CAA. Akan tetapi, Dakhil masih diberi kesempatan untuk terus bekerja dengan klien-kliennya, termasuk aktor Tom Cruise.

Menurut Variety, Cruise merupakan sosok yang berhasil membuat Dakhil tetap bertahan dan bekerja di CAA. Cruise dilaporkan menyatakan dukungannya untuk Dakhil dalam sebuah rapat di kantor CAA, belum lama ini.

CAA merupakan salah satu perusahaan yang secara terbuka menyatakan dukungannya untuk Israel. Dukungan ini disampaikan oleh CAA melalui sebuah pernyataan resmi, sekitar dua hari setelah serangan Hamas berlangsung di Israel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement