Kamis 23 Nov 2023 15:52 WIB

Kata Sandi yang Gampang Dibobol Kurang dari 1 Menit, Jangan Dipakai!

Kata sandi '123456' masuk peringkat teratas kata sandi yang sering digunakan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Password atau kata sandi (ilustrasi). Beberapa kata sandi bisa dibobol dalam waktu kurang dari 1 menit.
Foto: Dok. Freepik
Password atau kata sandi (ilustrasi). Beberapa kata sandi bisa dibobol dalam waktu kurang dari 1 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin banyak urusan yang bisa beralih ke dunia daring, sudah seyogianya setiap orang berhati-hati memilih kata sandi atau password yang kuat.

Kata sandi yang mudah ditebak memberikan akses oknum tak bertanggung jawab masuk ke email maupun rekening bank Anda. Sebagian orang memilih kata sandi mudah lantaran si pengguna enggan menyulitkan dirinya dengan memilih kata sandi yang sulit karena harus menghafal lusinan pesan tersebut. Belum lagi permintaan yang terus-menerus untuk memperbaruinya.

Baca Juga

Hal-hal itu dapat menyebabkan beberapa orang mengambil jalan keluar yang mudah dalam menjaga akun mereka. Namun jika Anda terlalu ceroboh, berhati-hatilah. Data baru menunjukkan, beberapa kata sandi umum bisa dibobol dalam satu menit atau kurang.

Dilansir Best Life, Kamis (23/11/2023), dalam daftar tahunan terbarunya, tim di balik perusahaan manajemen kata sandi NordPass memperbarui 200 kata sandi yang paling umum digunakan pada 2023. Perusahaan menganalisis 4,3 terabyte data anonim dari sumber yang tersedia untuk umum, termasuk dark web, dari 35 negara dan delapan jenis kategori platform berbeda seperti media sosial, layanan streaming, gim daring, dan akun keuangan. 

 

Mereka kemudian memberi peringkat pada temuan tersebut berdasarkan seberapa sering temuan tersebut digunakan. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak melakukan upaya yang cukup untuk melindungi akun mereka. Hasil penelitian menunjukkan, 17 dari 20 kata sandi paling umum dapat dibobol dalam waktu kurang dari satu menit.

Sebagian besar dari 10 teratas melibatkan variasi penghitungan hingga 10 termasuk peringkat teratas “123456”, yang digunakan oleh lebih dari 4,5 juta orang. Lainnya termasuk “admin” di slot tertinggi kedua dengan lebih dari empat juta penggunaan, dan “kata sandi” yang selalu populer berada di urutan ketujuh dengan 710.321 penggunaan. 

Bahkan menjadi sedikit lebih kreatif tampaknya tidak membuahan hasil. Kata sandi “Minecraft” berada di peringkat ke-100 secara keseluruhan tetapi masih dapat dipecahkan dalam waktu kurang dari satu detik. Kata sandi “jimjim30” yang tampaknya acak dapat ditebak hanya dalam 41 detik, berada di posisi ke-114 dalam daftar dengan 26.940 pengguna. 

Untungnya, NordPass menyimpulkan laporannya dengan mengatakan bahwa kata sandi semakin sulit dibobol, walaupun serangan malware dan phising terus mencuri login. Perusahaan tetap menyarankan penggunaan kata sandi rumit yang “setidaknya sepanjang 20 karakter dan mencakup campuran huruf besar dan kecil, angka, dan simbol khusus” sambil menghindari informasi yang mudah ditebak seperti ulang tahun, nama, atau kata-kata umum. 

Anda juga harus memeriksa kekuatan kata sandi secara rutin untuk memastikan kata sandi tersebut tidak lemah atau ketinggalan zaman. Selain itu, perusahaan juga menyarankan penggunaan kata sandi yang berbeda di seluruh akun untuk membantu mengisolasi kebocoran informasi atau pembobolan digital agar tidak meluas. Jika terlalu sulit untuk mengingat kode sandi mana yang sesuai dengan akun apa, alat pengelolaan kata sandi bisa menjadi cara mudah untuk terus mengetahuinya dan menghasilkan frasa yang rumit. 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement