Kamis 23 Nov 2023 14:37 WIB

Apa Itu Gelar Kehormatan MBE yang Diterima Blackpink?

Seseorang dinominasikan menerima gelar kehormatan karena pekerjaan atau prestasinya.

Rep: Meiliza Laveda / Red: Friska Yolandha
Lisa (R), a member of K-pop girl group BLACKPINK, receives the Honorary Member of the Order of the British Empire from Britain
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Lisa (R), a member of K-pop girl group BLACKPINK, receives the Honorary Member of the Order of the British Empire from Britain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Girlband Korea Blackpink menjadi viral setelah Raja Inggris Charles III menganugerahi medali kehormatan Anggota Kehormatan Kerajaan Inggris. Blackpink menerima MBE sebagai pengakuan atas peran sebagai Advokat COP26 untuk konferensi iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diadakan di Glasgow pada tahun 2021.

Sebenarnya apa itu gelar kehormatan MBE? Sebelum menjawab, perlu mengetahui sistem kehormatan di Britania Raya. Sistem kehormatan adalah cara memberikan pengakuan kepada mereka yang telah mencapai prestasi dalam kehidupan publik, seperti olahraga, musik atau akting.

Baca Juga

Penghargaan paling umum yang dikenal saat ini adalah Most Excellent Order of the British Empire yang diciptakan oleh George V pada tahun 1917. Ini merupakan cara untuk memberi penghargaan kepada warga sipil dan prajurit atas kontribusi mereka dalam upaya perang.

Siapa saja yang dapat menerima kehormatan?

 

Dilansir Crown Chronicles, Kamis (23/11/2023), seseorang dinominasikan karena pekerjaan atau prestasinya. Siapa pun dapat memilih untuk mengajukan nama untuk dipertimbangkan, baik itu anggota keluarga, teman, kolega, atau pelatih. Nama-nama ini kemudian ditinjau oleh komite kehormatan resmi. 

Komite ini terdiri dari pegawai negeri sipil senior yang merupakan anggota resmi. Orang-orang ini juga memutuskan kehormatan mana yang paling tepat untuk diberikan kepada calon, apakah itu gelar ksatria, atau OBE, dan lainnya.

Keputusan komite kemudian diteruskan ke Perdana Menteri lalu berakhir ke Ratu atau Raja yang sering kali memberikan penghargaan tersebut. Gelar kehormatan yang Blackpink terima adalah Member of the Order of the British Empire (MBE).

Gelar ini diberikan atas prestasi atau pelayanan luar biasa kepada masyarakat. Hal ini akan mempunyai dampak jangka panjang yang signifikan dan menjadi contoh bagi orang lain. 

Blackpink membuat sejarah pada bulan Juli, menjadi grup K-pop pertama yang menjadi tajuk utama festival musik besar di Inggris dan naik ke panggung di festival musim panas BST Hyde Park di pusat kota London di depan kerumunan 65.000 orang untuk konser yang terjual habis.

Sejak debut mereka pada tahun 2016, Blackpink telah menjadi salah satu girl grup paling sukses di dunia, memecahkan rekor seperti menjadi artis musik yang paling banyak disubscribe di YouTube. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement