Senin 20 Nov 2023 23:12 WIB

Selama 14 Tahun, doctorShare Layani Kesehatan di Daerah Terpencil

Selama 14 tahun, doctorShare telah melayani kesehatan masyarakat di daerah terpencil.

doctorShare telah melayani kesehatan masyarakat di daerah terpencil selama 14 tahun.
Foto: Istimewa
doctorShare telah melayani kesehatan masyarakat di daerah terpencil selama 14 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat pada 14 November 2023, doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) merayakan HUT yang ke-14 tahun. Acara perayaan ulang tahun digelar di Batavia Marina, Sunda Kelapa, Jakarta Utara, akhir pekan lalu.

Pendiri doctorSHARE, dr. Lie Augustinus Dharmawan mengajak tim doctorSHARE para relawan, masyarakat penerima manfaat, serta semua pendukung doctorSHARE (donatur), untuk memaknai perjalanan 14 tahun ini sebagai sebuah kolaborasi yang berlandaskan pada kasih dan semangat nasionalisme untuk membangun Indonesia yang lebih sehat.

"Kita memberi bukan karena kita berkelebihan, kita memberi karena kita berempati kepada saudara-saudara kita yang berada dalam kesulitan," kata Lie dalam rilisnya, Senin (20/11/2023). 

Hal inilah yang kemudian menggerakan doctorSHARE  dan para mitranya untuk tidak pernah berhenti berkontribusi melalui berbagai inovasi  berkelanjutan demi meningkatkan akses layanan kesehatan yang lebih layak di daerah sulit akses.

"Itulah yang menjadi penyebab mengapa kita bahu membahu, tanpa melihat siapa kita dan apa profesi kita. Indonesia adalah satu dan kita lakukan ini demi Tuhan, demi bangsa, dan negara kita,” tambah Lie.

Selama 14 tahun menjangkau negeri doctorSHARE sudah memberikan manfaat langsung kepada lebih dari 350 ribu penerima manfaat langsung, melalui intervensi program penjangkuan (Rumah Sakit Apung, Dokter Terbang, Pelayanan Medis Urban), program jangka panjang (RSA Nusa Waluya II, Program KIA Kei, Program Nias, Program Penanggulan TB Papua), Program Penanggulan Bencana, Klinik, Promosi Kesehatan, dan Junior doctor, Changing lives program (Kaki Pengkor dan Katarak), serta inisiatif program lainnya.

Untuk semua capaian dan sinergi yang terbangun selama 14 tahun ini, Menkumham Yasonna Laoly yang juga Ketua Dewan Pengawas doctorSHARE, mengucapkan terima kasih kepada semua donatur dan  mitra strategis yang sudah berkontribusi selama ini.

"Saya pribadi bangga bisa menjadi bagian dari organisasi ini, karena tersentuh oleh inspirasi dr. Lie Dharmawan," kata Laoly menceritakan awal ketertarikannya bergabung dengan doctorSHARE.

"Mewakili doctorSHARE, saya juga mau berterima kasih kepada semua donatur, semua orang baik, dam semua mitra yang sudah memungkinkan semua ini terjadi," ujar Laoly.

Pada saat yang sama Menkes Budi Gunadi Sadikin yang juga hadir, mengucapkan terima kasih atas kontribusi doctorSHARE dalam membantu pemerintah memberikan akses layanan kesehatan yang lebih layak kepada masyarakat di daerah sulit akses.

"Mewakili pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada doctorSHARE sudah membantu pemerintah memberikan kontribusi nyata menghadirkan akases layanan kesehatan yang lebih layak bagi masyarakat 3T," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement