Selasa 21 Nov 2023 00:16 WIB

Apa Betul Wolbachia Dapat Sebabkan Japanese Encephalitis dan Kaki Gajah?

Bakteri Wolbachia juga disebut-sebut dapat menyebabkan kaki gajah.

Penderita penyakit kaki gajah alias filariasis (kanan). Bakteri Wolbachia yang dapat menyebabkan kaki gajah adalah bakteri yang hidup di pada cacing Filaria, bukan nyamuk Aedes Aegypti.
Foto:

Ningz juga menanggapi isu bakteri Wolbachia dapat menyebabkan filariasis atau kaki gajah. Dia menjelaskan bakteri Wolbachia yang dapat menyebabkan kaki gajah adalah bakteri yang hidup di inang yang berbeda, yakni pada cacing Filaria.

Wolbachia, lanjut Ningz, juga tidak dapat berpindah-pindah dari jenis inang yang berbeda. Bakteri Wolbachia pada nyamuk tidak dapat berpindah ke manusia, sehingga menyebabkan bakteri Wolbachia tersebut tidak dapat menyebabkan penyakit kaki gajah pada manusia.

Secara terpisah, peneliti dari UGM, Prof Adi Utarini juga menegaskan hal yang sama terkait sejumlah isu miring atas bakteri Wolbachia tersebut. Ia menjelaskan Japanese encephalitis disebabkan oleh nyamuk yang berbeda, yakni Culex.

"Penyakitnya juga berbeda. Tidak ada kaitannya dengan teknologi Wolbachia. Begitu pula kalau ada yang mengaitkan dengan filariasis, Wolbachia yang ada pada cacing yang menyebabkan filariasis, itu berbeda jenisnya dengan Wolbachia pada nyamuk Aedes aegypti. Jadi, Wolbachia ini bukan hanya satu jenis, tetapi ada ribuan jenis," tutur Adi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement