Kamis 16 Nov 2023 14:42 WIB

Film “Gadis Kretek” Masuk 10 Besar Global Netflix

“Gadis Kretek” berada dalam daftar Top 10 di enam negara, bertahan selama dua pekan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Para pemain dan tim produksi serial original Netflix Indonesia pertama “Gadis Kretek”, dalam konferensi pers di The Hermitage Jakarta, Rabu (1/11/2023).
Foto: Dok. Republika/Rahma Sulistya
Para pemain dan tim produksi serial original Netflix Indonesia pertama “Gadis Kretek”, dalam konferensi pers di The Hermitage Jakarta, Rabu (1/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serial Netflix Original Indonesia pertama “Gadis Kretek” yang disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, berhasil memasuki daftar global Netflix Top 10. Dalam periode pekan 6 hingga 12 November 2023, serial tersebut menduduki peringkat 10 dalam daftar TV non-English dan telah ditonton lebih dari 1,6 juta jam dalam satu pekan saja. 

“Gadis Kretek” juga berada dalam daftar Top 10 di enam negara, bertahan selama dua pekan berturut-turut di Indonesia (#1), menempati urutan kelima di Malaysia pada pekan lalu dan ketiga di pekan ini. Lalu muncul juga dalam Top 10 daftar di negara-negara baru di Amerika Selatan dan Eropa, seperti Chili (#7), Romania (#8), Meksiko (#9) dan Venezuela (#9).

Baca Juga

Diangkat dari novel karya Ratih Kumala dengan judul sama, serial drama ini menceritakan kisah Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) yang gemar meracik saus kretek. 

“Gadis Kretek” menuturkan cerita seorang perempuan yang berdaya serta cerita cinta indah antara Dasiyah dengan Soeraja (Ario Bayu), berlatar belakang industri kretek dan peristiwa sejarah Indonesia di tahun 1960-an. 

 

“Gadis Kretek” turut dibintangi Tissa Biani, Sha Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Verdi Solaiman, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Serial ini diproduksi oleh BASE Entertainment bersama showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson juga bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K Priyanti and Ambaridzki Ramadhantyo.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement