Kamis 02 Nov 2023 08:27 WIB

Dian Sastrowardoyo 'Berlatih' Jadi Ansos untuk Peran di 'Gadis Kretek'

Serial 'Gadis Netflix' tayang mulai hari ini, Kamis (2/11/2023).

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Dian Sastrowardoyo ketika berperan di serial Gadis Kretek. Ada beberapa persiapan yang dilakukan Dian ketika berperan sebagai Dasiyah.
Foto: Dok. Netlifx
Dian Sastrowardoyo ketika berperan di serial Gadis Kretek. Ada beberapa persiapan yang dilakukan Dian ketika berperan sebagai Dasiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Dian Sastrowardoyo memerankan karakter Dasiyah dalam serial orisinal Netflix Indonesia pertama, “Gadis Kretek”. Untuk benar-benar masuk dalam karakter gadis visioner tersebut, Dian "berlatih" menjadi antisosial (ansos) dan rajin mendengar musik gamelan.

“Saya berhenti bertemu teman-teman saya dulu selama enam bulan untuk bisa masuk ke dalam karakter Dasiyah,” ujar Dian dalam konferensi pers “Gadis Kretek” di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga

Tidak hanya itu, Dian juga berhenti melakukan aktivitas olahraga favoritnya, seperti lari dan tenis. Dia benar-benar menghabiskan waktu berdiam diri di rumah untuk menyesuaikan gestur tubuhnya agar sama dengan Dasiyah pada masa itu. “Pada masa itu, perempuan memang tidak banyak aktivitasnya,” ujar Dian.

Saat membenamkan dirinya ke dalam karakter Dasiyah, Dian lebih banyak mendengar musik gamelan. Terlebih lagi bahasa yang digunakan pun juga bahasa yang asing baginya sehingga ia juga mempelajari itu.

 

Dian juga menceritakan pengalamannya menggunakan metode akting "pintu". Dia sangat menyukai metode ini. Dian membangun pintu masuk untuk karakter, dan pintu itu juga yang digunakan untuk pintu keluar.

“Ada cara bicara, suara, ada tempo, ada emosi dan psikologis juga. Itu semua. Jadi ngelatihnya tidak dibedah satu satu. Analisa skrip itu udah pasti, cuma yang menarik di sini pendekatan yang diajarin sama Mas Rosa (acting coach, Rukman Rosadi) metode akting menggunakan pintu,” kata Dian menjelaskan.

“Gadis Kretek” disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah serta diproduksi oleh BASE Entertainment bersama showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson juga bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K Priyanti dan Ambaridzki Ramadhantyo.

Serial ini menghadirkan tokoh Dasiyah (Dian Sastrowardoyo), perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek, dan Soeraja (Ario Bayu) dalam kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia. Berpuluh-puluh tahun kemudian, anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) bertemu dengan Arum (Putri Marino), membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini terpendam. “Gadis Kretek” yang tayang mulai Kamis (2/11/2023) di Netflix, juga didukung oleh sederet aktor ternama lainnya, seperti Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement