Rabu 15 Nov 2023 19:43 WIB

Keren, Jungkook BTS Cetak Empat Rekor Dunia

Single solo Jungkook "Seven" mencapai satu miliar streaming di Spotify.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Jungkook BTS. Jungkook memecahkan rekor
Foto: Dok. BigHit/Hybe
Jungkook BTS. Jungkook memecahkan rekor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak Guinness World Records mengumumkan Jungkook BTS memecahkan rekor waktu terpendek untuk single solonya "Seven" yang mencapai satu miliar streaming di Spotify. Pencapaian Jungkook melampaui rekor bintang pop global Miley Cyrus dengan "Flowers".

Pada bulan Agustus, Jungkook mendapatkan dua Guinness World Records tambahan dengan lagu "Seven" di tangga lagu global Spotify, mencapai streaming pekanan terbanyak di antara semua artis pria di seluruh dunia dengan 89.748.171 streaming dan waktu terpendek untuk mencapai satu miliar streaming.

Baca Juga

Selain itu, pada Mei lalu, Jungkook juga mencetak rekor Guinness dengan pencapaian lain yang menandai waktu terpendek bagi artis solo K-pop melampaui satu miliar streaming di Spotify.

Dengan pencapaian terbarunya ini, Jungkook resmi memiliki total empat Guinness World Records sebagai artis solo. "Seven" menduduki puncak chart Daily Global Top Song Spotify selama total 71 hari, mencetak rekor sebagai pertama dan terpanjang untuk artis Asia. Terlebih lagi, lagu ini menunjukkan kekuatan streaming yang luar biasa dengan masuk kategori terpanjang selama sembilan pekan di posisi pertama tangga lagu Weekly Global Top Song Spotify pada tahun 2023.

Selain debut di tempat pertama chart single utama Hot 100 dari publikasi musik bergengsi AS Billboard, "Seven" mempertahankan dominasinya dengan memegang posisi pertama selama sembilan pekan berturut-turut di Global dan tujuh pekan berturut-turut di tangga lagu Global 200. Kemudian "Seven" menerima sertifikasi platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA) karena terjual lebih dari satu juta unit di Amerika Serikat.

Sementara itu, Jungkook melanjutkan perjalanan emasnya di Amerika Serikat. Menurut chart terbaru yang dirilis oleh Billboard pada 14 November, empat lagu dari album solo Jungkook BTS GOLDEN, termasuk judul lagu "Standing Next to You," single solo "Seven" (feat Latto), "3D" (feat Jack Harlow), dan kolaborasi dengan The Kid LAROI dan Central Cee "TOO MUCH," telah memasuki chart lagu utama Hot 100.

Dikutip dari Allkpop, Rabu (15/11/2023), "Standing Next to You" memasuki Hot 100 di posisi ke-5, menandai penampilan ke-6 Jungkook di chart sebagai artis solo. Dalam chart ini, "Seven" kembali masuk di posisi ke-49, "3D" naik 42 langkah dari pekan sebelumnya ke posisi ke-58, dan "TOO MUCH" di peringkat ke-94.

Selain itu, tiga lagu dari GOLDEN, yaitu "Yes or No" (tempat ke-4), "Hate You" (tempat ke-7), dan "Shot Glass of Tears" (tempat ke-10) berhasil masuk ke Bubbling Under Hot 100. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement