Senin 13 Nov 2023 17:49 WIB

Anak-Anak Antusias Ikuti Kompetisi Kecakapan Berbahasa Inggris 

Pentingnya meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui pendidikan yang lebih baik.

EF Kids & Teens Indonesia menggelar EF Spelling Bee 2023.
Foto: dok. Republika
EF Kids & Teens Indonesia menggelar EF Spelling Bee 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan Indonesia Emas 2045 dengan visi jangka panjang yaitu mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. Beberapa poin utama dalam visi tersebut mencakup berbagai aspek pembangunan dan kemajuan nasional.

Menurut Country Director EF English First Kids & Teens Afan Suryadi, pihaknya menilai pentingnya meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui pendidikan yang lebih baik, pelatihan, dan pengembangan keahlian. "Karena hal itu dapat memengaruhi level daya saing SDM Indonesia di tingkat global," kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (13/11/2023).

Dalam konteks pembangunan dan perkembangan masyarakat Indonesia, beberapa pemikiran dan ide terkait kemampuan bahasa Inggris. Di antaranya adalah penguasaan bahasa Inggris berkontribusi dalam komunikasi lintas negara dan menjadi keterampilan global. 

Serta, membuka peluang termasuk akses ke program pendidikan luar negeri dan transfer ilmu pengetahuan ke tanah air, mengenalkan budaya dan mempromosikan potensi Indonesia ke lingkup global, dan lainnya. 

EF Kids & Teens Indonesia, kata dia, menggelar EF Spelling Bee 2023, ajang kompetisi uji kecakapan peserta dalam mengingat dan mengeja kata dengan Bahasa Inggris. Ajang bergengsi dan terbesar di Indonesia ini diperuntukkan bagi peserta dengan rentang pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

EF Spelling Bee tingkat regional telah dilaksanakan secara serentak pada 9 September – 22 Oktober 2023, dan berhasil melibatkan lebih dari 16 ribu partisipasi peserta dari 35 kota di Indonesia. Antusiasme peserta sangat besar dari calon partisipan di wilayah manapun EF beroperasi. 

Afan menjelaskan, kota-kota kompetisi regional meliputi Jabodetabek, Bengkulu, Pekanbaru, Samarinda, Balikpapan, Purwokerto, Cilegon, Banjarmasin, Sukabumi, Cirebon, Malang, Gresik, Kediri, Jember, Surabaya, Sidoarjo, Bali, Lombok, Bandung, Palembang, Lampung, Pekalongan, Tegal, Yogyakarta, Solo, Semarang, Makassar, Manado, Medan, Padang, dan Pontianak.

Dari tahap kualifikasi, tersaring lebih dari 800 peserta lolos ke tingkat nasional. Di tingkat nasional, peserta harus melewati pre-eliminasi sebelum akhirnya masuk ke grand final yang digelar di Jakarta (4/11). Mereka yang masuk dalam grand final dibagi ke dalam empat grup dengan klasifikasi: Group A (kelas 1-2SD); Group B (kelas 3-4 SD); Group C (Kelas 5-6 SD); dan Group D (kelas 1-3 SMP). 

"Gelaran kompetisi ini selaras dengan komitmen EF untuk turut mendukung pembangunan manusia melalui pendidikan dan membantu anak-anak dalam meningkatkan kecakapan Bahasa Inggrisnya," katanya. 

Afan berharap, EF Spelling Bee dapat terus menginsipirasi, memotivasi anak-anak Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa Inggris, sebagai salah satu keterampilan yang mereka butuhkan dalam menyongsong masa depan. 

"EF Spelling Bee ke-16 ini sekaligus menjadi bentuk dukungan EF terhadap program Indonesia Emas 2045," katanya 

Sementara menurut Marketing Director EF Kids & Teens Amalia Yaksa Parijata turut menyampaikan bahwa EF Spelling Bee Competition 2023 mendapat antusiasme yang sangat besar dari calon partisipan di wilayah mana pun EF beroperasi. 

“Setiap tahunnya EF Spelling Bee Competition menerima sambutan yang luar biasa dari orang tua dan calon peserta. Kompetisi seperti ini bagus menjadi wadah bagi anak dan generasi muda untuk mengembangkan potensi dirinya melalui Bahasa Inggris," katanya.

Tahun ini, kata dia, untuk pertama kalinya kami dapat kembali menyelenggarakan ajang kompetisi baik di tingkat regional dan nasional secara on-site. 

"Implikasinya, kami melihat peningkatan signifikan pada jumlah peserta yang naik lebih dari 40 persen dari tahun sebelumnya," kata Amalia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement