Jumat 10 Nov 2023 02:51 WIB

Catat Obat Apa Saja yang Picu Alergi, Bentuk Reaksinya Seperti Apa

Perhatikan obat yang dikonsumsi andaikan Anda punya alergi.

Obat (ilustrasi). Individu dengan alergi harus memerhatikan konsumsi obat-obatannya.
Foto: PxHere
Obat (ilustrasi). Individu dengan alergi harus memerhatikan konsumsi obat-obatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr Anshari Saifuddin Hasibuan, SpPD-KAI, mengatakan bahwa individu dengan alergi harus memerhatikan konsumsi obat-obatannya. Itu penting untuk mencegah timbulnya reaksi alergi.

Dalam diskusi yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (9/11/2023), Anshari mengatakan salah satu hal yang harus dilakukan individu dengan alergi adalah mencatat dengan teliti obat-obatan dan makanan apa saja yang tidak dapat mereka konsumsi karena memicu reaksi alergi.

Baca Juga

"Sangat penting untuk dicatat obat-obat apa saja yang menyebabkan reaksi alergi dan bentuk reaksi itu seperti apa, sehingga nanti bisa disampaikan kepada dokter saat berkonsultasi," ucap Anshari.

Akan sangat menyulitkan bagi dokter apabila individu tersebut tidak ingat obat seperti apa yang menyebabkan reaksi alergi muncul, padahal mereka tahu punya alergi pada obat tertentu. Anshari menyebutkan beberapa obat yang dapat memicu reaksi alergi seperti asam mefenamat sebagai obat nyeri yang dapat menyebabkan mata bengkak atau bentol dan allopurinol sebagai obat asam urat yang dapat memicu reaksi alergi berat.

 

"Obat antibiotik penisilin dan golongannya juga sering memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam merah di kulit," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement