Kamis 09 Nov 2023 17:47 WIB

Anak Telan Benda Asing? Dokter Sarankan Konsumsi Ini Sebagai Pertolongan Pertama

Pentingnya keluarga atau pengasuh anak memiliki kemampuan pertolongan pertama.

Anak Telan Benda Asing? Dokter Sarankan Konsumsi Ini Sebagai Pertolongan Pertama
Foto:

Selain memberikan madu, ia juga menekankan pentingnya orang tua, keluarga, atau pengasuh anak memiliki kemampuan resusitasi atau pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas dengan baik.

"Yang bisa terjadi pada seorang anak yang tidak sengaja menelan benda asing, pertama respons umumnya tersedak, dan ada kegawatdaruratan, pada saat di rumah yang paling sering itu tersedak dan bisa henti napas. Apabila cairan atau benda berbahaya itu tidak sengaja masuk di saluran napas," kata dia.

Kemampuan resusitasi, kata dia, perlu terus dilatih dan tidak bisa didapatkan hanya melalui informasi di internet. "Kemampuan resusitasi harus dilatih, sehingga kita bisa tahu yang kita lakukan itu benar, tidak cukup di Youtube. Misalnya, memompa jantung itu tidak sekadar dorong-dorong saja, tetapi ada tekniknya, yaitu tangan harus lurus, tumpuannya menggunakan seluruh berat badan, dan itu memerlukan refreshment (pelatihan) setiap tahun," ucap Ariani.

Ia menyarankan orang tua selalu membersihkan rumah secara berkala, menempatkan benda-benda kecil yang berbahaya di tempat aman atau meletakkan di tempat yang terkunci.

 

"Selain itu, jangan meletakkan cairan berbahaya atau cairan-cairan lain seperti detergen, sabun cuci piring di botol bekas air mineral karena anak-anak usia 0-3 tahun cenderung belum bisa membedakan mana itu minuman dan mana yang bukan," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement