Rabu 08 Nov 2023 15:26 WIB

Cegah Penularan Masif, Penderita Mpox Harus Beri Tahu Orang yang Pernah Ditemui

Dokter menyerukan penderita Mpox untuk tidak malu melaporkan kondisinya.

Penderita cacar monyet alias Mpox (ilustrasi). Penderita cacar monyet diserukan segera melapor agar bisa mencegah terjadinya penularan yang masif.
Foto:

Deteksi dini Mpox, lanjut Adria, memang agak sulit dilakukan. Itu karena gejala awal yang ditimbulkan sama dengan penyakit demam pada umumnya, seperti panas, badan, atau persendian menjadi lemas.

"Kalau sakit lapor, itu paling baik, surveilans juga jalan menyelamatkan para sahabat, bukan malah rasa malu. Jadi riwayat Mpox paling penting karena kalau gejala sama saja," kata Adria.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (7/11/2023), mengungkapkan bahwa sejak 13 Oktober 2023 telah ditemukan 34 kasus positif cacar monyet. Secara umum, ia mengatakan Mpox hanya terjadi pada segmentasi khusus LSL.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Data dihimpun Kemenkes melaporkan 28 penderita memiliki orientasi seksual LSL, dua orang biseksual, dan tiga lainnya heteroseksual. Kemenkes juga berupaya melakukan pengadaan 4.500 dosis vaksin serta 1.008 botol antivirus tecovirimat, sebagai upaya pengobatan penderita Mpox yang diprakirakan akan tersedia pada pekan keempat November 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement