Senin 06 Nov 2023 06:42 WIB

Masjid At Thohir dan Taj Mahal, Sama-Sama Dibangun karena Cinta

Menteri BUMN mengenang ayahanda yang berpulang tujuh tahun lalu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Masjid At Thohir
Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA
Masjid At Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok ayah merupakan figur yang sangat penting bagi seorang Erick Thohir. Sosok negarawan dan pengusaha tersebut mengenang ayahanda yang berpulang tujuh tahun silam lewat unggahan di akun Instagram @erickthohir, Ahad (5/11/2023).

Pria 53 tahun yang kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia itu mengunggah foto almarhum ayahnya, Mochammad Thohir, semasa hidupnya. Terlihat sang ayah sedang berpose di depan bangunan ikonik Taj Mahal di India.

Baca Juga

"Bismillahirrohmanirrohiim. Tujuh tahun sudah ayah saya, H Mochammad Thohir, meninggalkan kami. Sedikit demi sedikit, kami, anak-anaknya, berupaya mewujudkan cita-cita beliau yang belum terwujud," kata Erick pada unggahannya.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut menyampaikan bahwa salah satu mimpi sang ayah adalah membangun masjid seperti Taj Mahal, yang pernah dikunjunginya. Mimpi itu diwujudkan Erick dengan membangun Masjid At Thohir di Tapos, Depok, Jawa Barat.

 

Pada Maret 2022, Masjid At Thohir telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Masjid itu berlokasi di Jalan H Mohammad Thohir, kawasan Kompleks Podomoro, Tapos, Kota Depok, wujud dedikasi Erick Thohir dan saudara-saudaranya untuk sang ayah.

"Tidaklah semegah Taj Mahal, tapi sama-sama dibangun karena cinta," tutur Erick.

Dalam unggahan yang sama, Erick juga memanjatkan doa untuk almarhum ayahandanya. "Ya Allah, jagalah ayahanda seperti dulu ia menjagaku. Berikan surga untuknya. Atas semua cintaku padanya, kabulkanlah doa hamba. Sesungguhnya kami milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami kembali. Al Fatihah," ungkap Erick.

Pada unggahan berbeda, Erick membagikan acara haul sang ayahanda. Dia menyebut kesempatan itu sebagai momen bagi dirinya dan keluarga untuk mengenang kembali segala kebaikan dan nilai-nilai yang telah diajarkan almarhum ayahandanya. 

"Beliau meninggalkan keteladanan yang sangat berharga bagi kami anak-anaknya. Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk ayah kami. Turunkanlah rahmat, ampunan, dan syafa’at baginya," ucap Erick.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement