Kamis 02 Nov 2023 20:46 WIB

Gejala Cacar Monyet Selintas Mirip Cacar Air, Komplikasinya Bisa Separah Apa?

Masa inkubasi cacar monyet berkisar antara enam hingga 13 hari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sosialisasi penyakit cacar monyet di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11/2023). Kemenkes menyatakan terdapat 27 kasus penderita cacar monyet per Oktober 2023.
Foto: Antara/Sulthony Hasanuddin
Sosialisasi penyakit cacar monyet di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11/2023). Kemenkes menyatakan terdapat 27 kasus penderita cacar monyet per Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga 1 November 2023, Indonesia mencatat 29 kasus cacar monyet (monkeypox). Apa saja gejala cacar monyet, berikut kemungkinan komplikasi serta tingkat kematiannya?

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Dokter spesialis dermatologi dan venereologi Hanny Nilasari menjelaskan bahwa monkeypox dideteksi sejak 1958, yang menyerang koloni monyet yang dipelihara untuk penelitian.

Baca Juga

Kasus monkeypox pertama pada manusia tercatat pada 1970, menyerang anak berusia sembilan tahun di Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah. Selama 1971-2021, wabah sporadis cacar monyet terjadi di Afrika Barat dan Afrika Tengah. Lantas, periode 2022-2023, cacar monyet menjadi wabah global.

"Tetapi, secara epidemiologi dan manifestasi klinis berbeda dibanding wabah sebelumnya. Wabah global di tahun 2022-2023 disebabkan oleh strain clade IIb, dikaitkan dengan mutasi dari strain sebelumnya (clade I dan clade II)," kata Hanny dalam webinar "Tata Laksana Monkeypox" yang digelar Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Kamis (2/11/2023).

Dia menyampaikan, penyebab pasti munculnya wabah cacar monyet saat ini masih dalam penelitian lebih lanjut. Beberapa ahli menyebutkan peningkatan kasus dipengaruhi penurunan angka vaksinasi smallpox.

Ada juga yang menduga peningkatan kasus berkaitan dengan lonjakan travel and trade serta peningkatan jumlah populasi manusia yang meningkatkan risiko kontak manusia dengan hewan yang terjangkit virus.

Mekanisme penularan awal cacar monyet adalah dari hewan ke manusia. Namun, kini terdapat pergeseran di mana virus menular dari kontak antara manusia ke manusia. Sebagian ditularkan lewat kontak seksual, dan sebagian lagi dari kontak non-seksual.

photo
Kasus cacar monyet di Indonesia terus bertambah dan meluas. - (Republika)

Hanny menginformasikan, masa inkubasi cacar monyet berkisar antara enam hingga 13 hari. Gejalanya selintas mirip dengan gejala cacar air, namun ada perbedaan utama, yaitu pembengkakan kelenjar getah bening.

Secara umum, pasien awalnya akan mendapati lesi, lalu bisa diikuti dengan demam. Gejala lain, yaitu limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), nyeri tenggorokan, dan myalgia (nyeri otot).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement