Senin 30 Oct 2023 19:34 WIB

5 Keuntungan Bisnis Makanan dengan Sertifikat Halal

Sertifikasi halal adalah bagian besar dari kehidupan umat Islam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Muhammad (BPJPH) Aqil Irham, VP Operation Earwell Culinary Indonesia Mustarofah Ahmad, dan Direktur Halal Partnership dan Audit Service LPPOM MUI Muslich menunjukkan sertifikat halal untuk restoran Ichiban Sushi di Kuningan City, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Muhammad (BPJPH) Aqil Irham, VP Operation Earwell Culinary Indonesia Mustarofah Ahmad, dan Direktur Halal Partnership dan Audit Service LPPOM MUI Muslich menunjukkan sertifikat halal untuk restoran Ichiban Sushi di Kuningan City, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat kini telah menerima komunitas dan agama yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyelaraskan bisnis Anda dengan mereka. 

Dalam bisnis makanan, melayani berbagai budaya adalah suatu keharusan. Jadi, bagi umat Islam, memegang sertifikat halal merupakan tambahan yang signifikan. Hal ini memastikan kepatuhan terhadap hukum agama dan memenangkan kepercayaan pelanggan. 

Baca Juga

Seperti dikutip dari halaltimes.com, kata halal berasal dari bahasa Arab yang artinya diperbolehkan. Ini berlaku untuk makanan dan minuman. Namun, halal sebenarnya juga berlaku pada bidang kehidupan lainnya, seperti kosmetik, keuangan, atau mode. Istilah sertifikasi halal adalah bagian besar dari kehidupan umat Islam. 

Bahkan, Alquran menekankan faktor halal yang tercatat dalam surat Al-Baqarah ayat 168:

“Wahai umat manusia! Makanlah dari apa yang halal dan baik di bumi, dan jangan mengikuti jejak setan. Dia benar-benar musuh bebuyutanmu.”

Mendapatkan sertifikasi halal pada merek Anda memastikan bahwa makanan Anda mematuhi etika Islam. Dengan meningkatnya populasi Muslim, permintaan terhadap produk halal pun mencapai tingkat yang baru. Bisnis yang mencari peluang untuk berkembang mempunyai peluang di pasar yang menguntungkan ini. Berikut simak manfaat pentingnya punya sertifikat halal:

 

1.Ketaatan pada agama

Mendapatkan sertifikat halal berarti bisnis Anda mengikuti pedoman Islam. Pedoman ini meliputi, menggunakan bahan-bahan halal, menyembelih hewan dengan cara tertentu dan menjaga kebersihan makanan.

 

2.Dapatkan kepercayaan konsumen

Proses sertifikasi mencakup inspeksi, audit, dan penilaian menyeluruh. Menampilkan logo halal berarti perusahaan Anda berkomitmen untuk menyediakan produk yang higienis. Ini akan meyakinkan umat Islam bahwa makanan yang mereka konsumsi sesuai dengan standar Islam.

 

3.Mengambil untung dari pasar yang potensial

Populasi Muslim bisa mencapai tiga miliar pada tahun 2060. Dengan mempertimbangkan statistik ini, pasar halal adalah peluang besar untuk Anda dapatkan. Ini tidak hanya akan meningkatkan pendapatan Anda tetapi juga menumbuhkan loyalitas terhadap pelanggan Anda. 

 

4.Mementingkan hewan 

Sertifikasi halal menunjukkan bahwa Anda mencari dan menyiapkan makanan dengan pertimbangan Islami. Ini juga menunjukkan bahwa Anda sadar akan kesejahteraan hewan. Menurut Islam, Anda harus memperlakukan hewan dengan kasih sayang dan menyembelihnya secara manusiawi. Sertifikat Halal menunjukkan Anda berkomitmen terhadap pertimbangan etis.

 

5.Melayani wisatawan

Pariwisata halal sedang dalam fase pertumbuhan pesat. Hal ini hanya berarti satu hal bagi pemilik bisnis, yaitu memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah cara termudah untuk menarik pelanggan Muslim, meningkatkan pendapatan melalui permintaan wisatawan, hingga memperluas bisnis Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement