Ahad 29 Oct 2023 03:57 WIB

Rahasia Sukses Wirausaha Raffi Ahmad, Seperti Apa?

Wirausaha adalah cara penting untuk menciptakan peluang dan berinovasi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Natalia Endah Hapsari
Raffi Ahmad memberikan kiat berwirausaha untuk anak muda/ilustrasi
Foto: Dok. Rexona
Raffi Ahmad memberikan kiat berwirausaha untuk anak muda/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski lebih dulu dikenal sebagai artis, Raffi Ahmad kini juga menjadi seorang pengusaha andal dengan berbagai lini usaha. Apa rahasianya? 

Dalam ajang seminar kewirausahaan untuk generasi Z di Universitas Pamulang (Unpam), Raffi mengatakan, memulai wirausaha di usia muda itu penting dan banyak keuntungannya. Apalagi saat mahasiswa, waktu relatif luang untuk bisa melakukan latihan berkreasi dan berwirausaha.

Baca Juga

Menurut Raffi, sejak dini, jiwa kewirausahaan harus dilatih secara terus menerus. Raffi melihat usia mahasiswa adalah usia yang tepat untuk memulai wirausaha. Saat mahasiswa, jiwa keberanian dan kenekatan itu muncul dan jika disalurkan untuk wirausaha akan menjadi positif dan  waktu luang.

"Jadi saat masih muda, harus dimanfaatkan untuk belajar dan belajar. Belajar wirausaha dari yang kecil, cobalah merintis bisnis kecil-kecilan. Jika bingung akan memproduksi apa, mulailah dengan berdagang dan menjual produk orang lain terlebih dahulu," ucapnya dalam siaran pers, Ahad (29/10/2023).

 

Selain Raffi, anggota Komisi XI DPR RI Andi Achmad Dara yang hadir di ajang serupa mengatakan, generasi Z adalah masa depan bangsa yang akan menentukan kemajuan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Menurut dia, salah satu langkah yang dapat dilakukan generasi Z adalah dengan memulai berwirausaha selagi masih muda.

"Mumpung masih muda, kesempatan dan peluang masih sangat terbuka, jangan takut gagal, karena kalau gagal masih banyak kesempatan untuk memperbaikinya. Kalau masih muda sudah mandiri dan produktif secara ekonomi, Indonesia bisa lebih cepat maju dan sejahtera", kata Andi.

Legislator dari Partai Golkar itu menjelaskan, wirausaha iadalah kunci kemandirian dan kekuatan ekonomi bangsa Indonesia. Generasi Z Andi nilai bisa menjadi penggerak utama dan dapat mempercepat kemajuan Indonesia emas 2045.

"Generasi Z yang mandiri dan berwirausaha itu kunci kita bisa cepat maju dan sejahtera, anak-anak muda yang produktif secara ekonomi bisa menjadi penggerak utama ekonomi kita," kata Andi.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan, wirausaha itu cara penting untuk menciptakan peluang dan berinovasi untuk mendapatkan keuntungan finansial. Selain untuk mendapatkan penghasilan, berwirausaha juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka pengangguran.

"Wirausaha adalah salah satu cara untuk menciptakan peluang, inovasi, dan dampak positif untuk mendapatkan penghasilan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka pengangguran," ujar Andi.

Dia menambahkan, meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran pascawabah Covid-19 menjadi permasalahan bersama bangsa Indonesia saat ini. Termasuk di dalam masalah tersebut adalah pengangguran pada kelompok muda terdidik dari generasi Z. "Wirausaha memberikan kesempatan bagi Gen Z untuk mengekspresikan diri, menyelesaikan masalah, belajar dari kegagalan, dan berkontribusi bagi masyarakat," ucap dia.

Selain itu, wirausaha dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok sosial generasi Z, yang saat ini menghadapi tantangan seperti persaingan kerja, ketidakpastian masa depan, dan krisis lingkungan. Wirausaha pun dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meraih impian, mengembangkan potensi.

Acara bertajuk bincang santai dan inspirasi mahasiswa: Wirausaha untuk generasi Z ini juga mengundang piha Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement