Sabtu 28 Oct 2023 23:55 WIB

Kebakaran Gunung Merbabu Meluas, Warga Dua Dusun Mengungsi

Pemadaman kebakaran Gunung Merbabu terkendala medan yang berat dan faktor angin.

Red: Edwin Dwi Putranto

Warga melihat kebakaran Gunung Merbabu di Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. (FOTO : ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Warga terdampak kebakaran lahan Gunung Merbabu beristirahat di tempat pengungsian Balai Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Menurut data sementara Posko Batur Reaksi Cepat (BRC) sebanyak 91 warga di dua dusun lereng Gunung Merbabu dievakuasi ke tempat pengungsian akibat terdampak asap kebakaran sehingga menyebabkan gangguan pernapasan, batuk-batuk dan mata pedih. (FOTO : ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Api membakar lahan Gunung Merbabu terlihat di Desa Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Menurut warga setempat api mulai membakar Gunung Merbabu pada Jumat (27/10) sore. (FOTO : ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Api membakar lahan Gunung Merbabu terlihat dari Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Titik awal kebakaran di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu itu bermula pada Jumat (27/10) sore di wilayah Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dan kini menjalar ke wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sementara itu relawan gabungan bersama TNI/Polri dan Pemadam Kebakaran terkendala proses pemadaman api karena medan yang berat serta kondisi perubahan angin yang tidak dapat diprediksi. (FOTO : ANTARA FOTO/Aji Styawan)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, KAB SEMARANG -- Api masih membakar lahan Gunung Merbabu terlihat dari Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023).

Titik awal kebakaran di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu itu bermula pada Jumat (27/10) sore di wilayah Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dan kini menjalar ke wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sementara itu relawan gabungan bersama TNI/Polri dan Pemadam Kebakaran terkendala proses pemadaman api karena medan yang berat serta kondisi perubahan angin yang tidak dapat diprediksi.

Menurut data sementara Posko Batur Reaksi Cepat (BRC) sebanyak 91 warga di dua dusun lereng Gunung Merbabu dievakuasi ke tempat pengungsian akibat terdampak asap kebakaran sehingga menyebabkan gangguan pernapasan, batuk-batuk dan mata pedih.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. 

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement