Rabu 25 Oct 2023 22:05 WIB

Bingung Pilih Alat Rias yang Tepat? Cek Dulu Rekomendasi Ini

Memilih jenis kuas yang sesuai dapat memberikan tampilan yang maksimal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Alat-alat aplikasi, salah satunya yang kerap digunakan adalah brush make up, berperan penting dalam proses rias.
Foto: Boldsky
Alat-alat aplikasi, salah satunya yang kerap digunakan adalah brush make up, berperan penting dalam proses rias.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mendapatkan hasil tampilan riasan yang maksimal dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satu diantaranya adalah alat pendukung yang digunakan sebagai aplikator make up.

Alat-alat aplikasi, salah satunya yang kerap digunakan adalah brush make up, mengambil peran penting dalam proses rias. Pengaruh signifikan dalam memilih jenis kuas yang sesuai dengan kebutuhan dapat memberikan tampilan yang lebih halus dan maksimal. 

Baca Juga

Seiring perkembangan tren, jenis dan keunggulan brush make up juga bergerak mengikuti kebutuhan masing-masing preferensi masyarakat. Setiap jenis brush make up memiliki fungsi nya masing-masing serta menawarkan hasil yang berbeda. 

Berikut beberapa rekomendasi jenis alat rias yang sesuai untuk diaplikasikan dengan makeup. 

 

1. Blend base dengan flat liquid brush untuk memberikan hasil yang flawless

Untuk memulai make up, pertama-tama aplikasikan foundation Anda dengan luxe luquid complexion brush. Brush jenis ini memiliki bentuk bulu yang lurus, sehingga cukup tegas untuk mengaplikasikan liquid foundation pada kulit secara fleksibel dan menyeluruh. 

Untuk lebih menonjolkan area wajah tertentu, aplikasikan concealer di sekitar area bawah mata, pangkal hidung, dan tempat lain yang ingin kamu cerahkan seperti dagu atau dahi. Karena area ini lebih kecil, kamu harus menggunakan brush yang lebih kecil seperti flawless flat concealer. Brush ini dapat menyamarkan area gelap dengan presisi yang lebih baik dan aplikasi yang lebih mudah sehingga memberikan hasil yang flawless.

 

2. Brush contour, blush, dan highlight untuk mempertegas fitur di wajah

Untuk menambah dimensi pada wajah, diperlukan contour, blush, dan highlight. Ketika mengaplikasikan langkah-langkah ini, penempatan make up harus tepat untuk menciptakan tampilan yang sculpted sempurna. Meskipun brush yang lebih kecil dapat melakukan tugasnya untuk membentuk contour, blush dan highlight, ada beberapa ukuran brush yang perlu kamu sesuaikan dengan area penempatan make up yang kamu inginkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Untuk aplikasi contour dan blush, brush chiseled cheek paling cocok karena berukuran sedang dan memiliki bentuk miring yang mengikuti struktur tulang pipi, sehingga lebih mudah digunakan. 

Master multitasker juga dapat digunakan untuk contour, blush, highlighter, bahkan brush ini juga bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan bedak di area bawah mata. Sementara itu, brush angled nose contour dapat digunakan untuk contour di area yang lebih kecil seperti hidung. 

 

3. Sempurnakan aplikasi bedak dengan brush powder

Untuk membuat makeup tahan lama, gunakan ambient glow powder untuk meng-set riasan dengan lapisan bedak tabur atau pun compact powder. Bedak ini akan membantu riasan kamu tetap menempel sepanjang hari dan memberikan tampilan yang lebih sempurna. Dibutuhkan brush bedak khusus untuk mendistribusikan produk secara merata dan ringan.

 

4. Eye brushes untuk ciptakan riasan mata yang menawan

Untuk menciptakan tata rias mata, Anda memerlukan beberapa jenis brush yang secara khusus didesain untuk eyeshadow. Brush pointed eye detail bisa digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow yang paling awal, bentuknya yang kecil dan padat dapat mentransfer produk dengan lebih tebal dan presisi. Brush small shader juga memiliki fungsi yang sama, namun bentuk yang lebih memanjang sehingga dapat digunakan untuk meratakan eyeshadow dengan lebih baik, terutama untuk bagian bawah mata. Untuk mem-blend eyeshadow, gunakan brush fluffy blend dan blur agar perpaduan antara warna eyeshadow bisa bergabung dengan cantik. 

Sedangkan untuk melebarkan dimensi eyeshadow ke bagian atas mata, gunakan brush crease blending. Untuk melengkapi riasan mata, Anda juga dapat menggunakan eyeliner dengan brush hyper sharp eyeliner yang presisi dan berbentuk tipis untuk pengaplikasian eyeliner yang sempurna. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement