Jumat 20 Oct 2023 23:27 WIB

Jimin, Jungkook, dan V BTS Bersaing di Kategori Artis Pria Terbaik MAMA Awards 2023

Masuknya tiga member BTS membuktikan betapa kuatnya pengaruh grup K-pop itu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Jimin (kiri), Jungkook (tengah), dan V BTS (kanan) bersaing memeperebutkan penghargaan kategori Artis Pria Terbai MAMA Awards 2023.
Foto: Dok BigHit
Jimin (kiri), Jungkook (tengah), dan V BTS (kanan) bersaing memeperebutkan penghargaan kategori Artis Pria Terbai MAMA Awards 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai tanda betapa berpengaruhnya BTS di kancah K-pop, tiga anggota grup tersebut dinominasikan sebagai artis pria terbaik. Jimin, Jungkook, dan V bersaing dalam kategori tersebut bersama Lim Young Woong, Parc Jae Jung, dan Taeyang.  

Jimin dan Tomorrow X Together (TXT) menjadi musisi yang masuk dalam kategori terbanyak MAMA Awards 2023, yang diumumkan pada Kamis (19/10/2023). Masing-masing mereka mendapatkan delapan nominasi.

Baca Juga

TXT memiliki dua lagu yang dinominasikan untuk lagu terbaik tahun ini, “Sugar Rush Ride” dan “Goodbye Now” dari soundtrack serial “Love Revolution”. Jimin dinominasikan dalam lima kategori sebagai artis utama dan tiga kategori lainnya sebagai artis unggulan dengan “Vibe” featuring Taeyang. Lagu “Like Crazy” dan “Vibe” bersaing dalam dua kategori yakni lagu terbaik tahun ini dan penampilan dance solo pria terbaik.

Twice dinominasikan untuk grup wanita terbaik, sementara Jihyo, anggota dari grup beranggotakan sembilan orang tersebut, dinominasikan untuk artis wanita terbaik. Beberapa artis besar Barat dinominasikan dalam berbagai kategori. Latto dinominasikan sebagai artis unggulan di “Seven” featuring Jungkook, yang memasuki Billboard Hot 100 di peringkat satu pada Juli 2023.

J Cole dan Nile Rodgers juga masuk dalam daftar sebagai artis unggulan di lagu “On The Street” featurung J-Hope dan “Unforgiven” milik Le Sserafim. Penyanyi Inggris Anne-Marie terdaftar sebagai artis utama bersama MINNIE dari (G)I-DLE di “Expectations”.

Meskipun banyak acara penghargaan Barat yang beralih ke kategori netral gender, separuh dari 20 kategori di sini bersifat gender. Ada kategori pria dan wanita terpisah untuk artis terbaik, grup terbaik, artis pendatang baru terbaik, pertunjukan tari solo terbaik, dan grup pertunjukan tari terbaik.

Nominasi album terbaik tahun ini mencakup dua album yang menduduki puncak Billboard 200, 5-STAR dari Stray Kids dan Get Up dari NewJeans.

MAMA Awards yang disebut-sebut sebagai malam terbesar dalam K-pop, akan berlangsung pada 28 dan 29 November 2023 di Tokyo Dome, Jepang. Acara ini juga akan disiarkan langsung di berbagai platform global, termasuk saluran musik CJ ENM, Mnet.

Penghargaan akan diberikan dalam 20 kategori. Biasanya terdapat lima atau enam nominasi dalam 16 kategori, namun dalam empat kategori besar (artis, lagu dan album terbaik tahun ini serta pilihan penggemar di seluruh dunia) terdapat lusinan entri.

Dalam kategori pilihan penggemar di seluruh dunia, pemenang ditentukan berdasarkan suara penggemar di seluruh dunia. Putaran pertama pemungutan suara nominasi akan berlangsung mulai kemarin hingga 30 Oktober 2023. Putaran kedua akan berlangsung mulai 6 hingga 20 November 2023.

Penggemar dapat memberikan suara di platform K-culture Mnet Plus dan Spotify, yang juga merupakan salah satu sponsor penghargaan tahun ini. MAMA Awards, yang merupakan penghargaan K-pop terkemuka di dunia, dipersembahkan oleh perusahaan hiburan CJ ENM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement