Selasa 17 Oct 2023 21:19 WIB

Idol K-Pop Ini Disuruh Pulang Kampung karena Sulit Turunkan Berat Badan

Yura yang kala itu punya bobot 53 kg diminta menurunkannya menjadi 51 kg.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Yura Girls Day. Yura pernah disuruh pulang ke kampungnya karena berat badannya tidak turun.
Foto: Dok. JTBC
Yura Girls Day. Yura pernah disuruh pulang ke kampungnya karena berat badannya tidak turun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan rahasia bila visual atau penampilan fisik merupakan bagian yang sangat penting dari industri K-pop. Sayangnya, hal ini kerap mendorong perusahaan-perusahaan hiburan di Korea Selatan untuk menerapkan pemantauan berat badan yang tak sehat terhadap para idol yang mereka naungi.

Momo dari grup K-pop Twice misalnya, mengaku pernah tidak makan selama satu pekan penuh saat masih menjadi trainee. Tindakan ekstrem itu dia lakukan agar berat badannya turun sebanyak 6,8 kg dan bisa melakukan debut.

Baca Juga

Standar berat badan yang ketat ternyata tak hanya berlaku untuk para trainee atau calon idol, tetapi juga idol yang sudah melakukan debut. Salah satu idol yang pernah merasakan pengalaman tak mengenakkan akibat standar berat badan yang ketat tersebut adalah Yura dari grup Girl's Day.

Saat tampil sebagai bintang tamu di "Knowing Bros", Yura mengungkapkan bahwa dia memiliki berat badan 53 kg di masa-masa awal berkariernya. Dengan tinggi badan mencapai 170 cm, banyak orang menilai Yura memiliki tubuh yang sangat ramping dengan berat badan 53 kg.

Akan tetapi, CEO Girl's Day kala itu memiliki pendapat yang berbeda. Sang CEO meminta Yura untuk menurunkan berat badannya menjadi 51 kg.

Perempuan yang kini berusia 30 tahun tersebut sempat mencoba bernegosiasi dan meminta keringanan dari sang CEO. Yura meminta izin agar dia diperbolehkan untuk menurunkan berat badannya menjadi 52 kg saja.

Siapa sangka, upaya Yura untuk meminta keringanan 1 kg tersebut justru disambut dengan amarah besar dari sang CEO. CEO tersebut menyuruh Yura untuk pulang ke kampung halamannya di Ulsan dan tak boleh kembali sampai Yura berhasil memiliki bobot 51 kg.

"Saya pulang ke Ulsan sambil menangis. Saya dikeluarkan," cerita Yura, seperti dilansir Koreaboo pada Selasa (17/10/23).

Yura mengungkapkan bahwa kejadian tersebut berlangsung saat Girl's Day sedang dalam masa promosi "Twinkle Twinkle". Oleh karena itu, Yura merasa sulit untuk melepas mimpinya menjadi seorang idol.

Selama lima hari di Ulsan, Yura melakukan beragam upaya agar bisa menurunkan berat badannya menjadi 51 kg. Yura bahkan hanya makan sayuran-sayuran hijau supaya bisa mencapai target tersebut. Setelah berhasil mencapai berat badan 51 kg, Yura kembali ke Seoul dan bergabung kembali dengan grup Girl's Day.

Mendengar cerita Yura, para pembawa acara "Knowing Bros" merasa kaget. Namun ibu Yura kala itu justru menyikapi situasi Yura dengan sedikit berbeda. Sang ibu justru menyemangati Yura untuk menaikkan berat badan setiap dia merindukan keluarga agar bisa pulang ke rumah.

"Kalau begitu, kapan pun kami merindukanmu, kamu bisa menaikkan berat badan. Bila kamu pulang ke rumah, aku bisa merawatmu," ujar sang ibu kepada Yura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement