Ahad 15 Oct 2023 20:49 WIB

Blackpink Cetak Sejarah dari Tur Dunia 'Born Pink'

Blackpink telah memecahkan rekor besar untuk artis Asia.

Suasana konser hari pertama BLACKPINK di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (11/3/2023).
Foto: Dok.Republika
Suasana konser hari pertama BLACKPINK di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Idola K-Pop Blackpink mencetak sejarah dari tur dunia mereka yang bertajuk “Born Pink”. Tur tersebut dilakukan dari 5 Oktober 2022 hingga 17 September 2023.

Dalam tur tersebut, grup beranggotakan Jisoo, Lisa, Jennie dan Rose itu melakukan perjalanan ke 34 kota di 22 negara berbeda di seluruh dunia. Tur dunia Born Pink bisa dibilang merupakan salah satu agenda besar-besaran Blackpink

Dikutip dari Koreaboo, Ahad (15/10/2023), tur dimulai dan berakhir di Seoul. Tur ini terdiri atas 66 konser di Amerika Serikat, Meksiko, Australia, dan beberapa negara Eropa dan Asia yang berbeda.

Sejak tur berakhir bulan lalu, data telah dikumpulkan tentang kehadiran dan pendapatan yang diperoleh grup dari konser, dan dengan 56 dari 66 pertunjukan yang dilaporkan. Girl grup ini pun telah memecahkan rekor besar untuk artis Asia.

 

Bahkan dengan sepuluh pertunjukan yang tidak dilaporkan, tur dunia tersebut kini menjadi tur terlaris dalam sejarah oleh artis Asia dan menghasilkan lebih dari 260 juta dolas AS (Rp 4 triliun) dengan hampir satu setengah juta orang yang menghadiri tur tersebut.

Jika sepuluh konser terakhir ditambahkan ke dalam data, yang mencakup beberapa tanggal encore terbesar mereka, total pendapatannya dapat dengan mudah melampaui 300 juta dolar AS (Rp 4,7 triliun), dan menjadikannya salah satu tur dunia tersukses dibandingkan artis musik wanita mana pun di dunia.

Para penggemar banyak yang merespons positif pencapaian besar ini di Reddit, serta mengantisipasi seperti apa tur terakhir mereka. Catatan ini juga menjadi topik perbincangan di forum online lain, di mana lebih banyak penggemar berbagi sentimen serupa.

"Rute tur mereka sangat unik dan tidak semua bisa melakukannya," kata seorang penggemar.

"BP dalah generasi ketiga setelah SNSD yang legend dan sukses," timpal yang lain.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement