Jumat 13 Oct 2023 15:23 WIB

Sudahkah Benarkah Cara Kita Bersihkan Telinga?

Gunakan obat tetes telinga untuk melunakkan kotoran agar mudah dikeluarkan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Dokter melakukan pembersihan kotoran telinga kepada warga.
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Dokter melakukan pembersihan kotoran telinga kepada warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telinga memiliki mekanisme sendiri untuk mengeluarkan kotoran. Sayangnya, tidak semua orang membersihkannya dengan benar. Kebanyakan mereka hanya membersihkan pada telinga bagian luar. Untuk membersihkan kotoran di dalam, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. 

Berikut tip membersihkan telinga seperti dikutip dari situs Siloam Hospitals.

Baca Juga

1. Gunakan obat tetes telinga

Cara membersihkan telinga dengan benar yang pertama adalah menggunakan obat tetes telinga. Obat tersebut dapat melunakkan gumpalan kotoran sehingga akan lebih mudah dikeluarkan.

Obat tetes telinga bisa didapatkan secara bebas di apotek. Namun, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai anjuran yang tepat dalam penggunaannya, terutama jika sedang mengalami infeksi telinga atau pernah menjalani operasi telinga.

2. Minyak zaitun

Penumpukan serumen atau kotoran telinga bisa terjadi karena bagian dalam telinga terlalu kering. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melembapkan serumen dan bagian dalam telinga dengan minyak zaitun. Caranya yaitu meneteskan minyak sebanyak satu tetes ke telinga yang mengalami gangguan.

Dibandingkan dengan obat tetes telinga, cara ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melunakkan serumen hingga dapat keluar dengan sendirinya. Meski begitu, minyak zaitun jarang menyebabkan alergi atau iritasi sehingga lebih aman digunakan. Anda dapat menerapkan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement