Rabu 11 Oct 2023 20:04 WIB

Viral Pasien Dicuekin, Bagaimana Sebenarnya Tahap Pelayanan IGD?

Bagian IGD menyediakan perawatan bagi pasien yang memerlukan perawatan segera.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi Instalasi Gawat Darurat (IGD). Bagian IGD biasanya menyediakan perawatan bagi pasien yang mengalami cedera traumatis atau yang memerlukan penanganan segera.
Foto:

Berikut lima langkah perawatan yang biasanya dilakukan di IGD, seperti dikutip dari Stmarysregional, Rabu (11/10/2023).

Langkah 1 – Triase

Triase adalah proses menentukan tingkat keparahan kondisi pasien. Pasien dengan keadaan darurat paling parah menerima perawatan segera. Itulah sebabnya beberapa pasien mungkin menerima perawatan medis sebelum yang lain, meskipun mereka tiba di UGD setelahnya. 

Langkah 2 – Pendaftaran

Proses pendaftaran penting karena dua alasan: memungkinkan staf UGD mengumpulkan informasi untuk catatan pasien dan RS mendapatkan persetujuan untuk perawatan. Keduanya diperlukan untuk melakukan tes diagnostik agar dokter dapat menentukan pilihan pengobatan terbaik untuk pseiam. 

Langkah 3 – Perawatan

Setiap pasien yang datang menerima perawatan dari dokter yang merawat atau praktisi tingkat menengah. Tergantung pada kondisi Anda, perawat terdaftar dapat memulai jalur intravena (IV). Jalur IV akan memungkinkan staf perawat dengan cepat memberikan obat atau cairan yang mungkin dipesan oleh dokter.

Langkah 4 – Evaluasi ulang

Dokter IGD atau praktisi tingkat menengah akan mengevaluasi kembali kondisi Anda setelah mereka menerima hasil tes. Namun apa yang dirasakan pasien juga penting untuk diberitahukan kepada dokter atau perawat tentang rasa sakit atau ketidaknyamanan yang mungkin masih dirasakan.

Langkah 5 – Discharge

 

Pasien harus dipastikan terlebih dulu kondisinya sebelum meninggalkan IGD. Semua pasien menerima instruksi perawatan di rumah tertulis yang harus diikuti ketika dipulangkan.

Petunjuknya menjelaskan bagaimana pasien dapat merawat luka atau penyakit dengan aman, petunjuk penggunaan obat yang diresepkan, dan rekomendasi untuk perawatan medis lanjutan. Penting untuk memahami sepenuhnya semua instruksi. Jika memiliki pertanyaan, bisa diajukan lebih lanjut kepada dokter. Santi Sopia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement