Selasa 10 Oct 2023 16:46 WIB

Tak Harus Beras, Asupan Karbohidrat Bisa Diperoleh dari Sini

Ada karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti beras.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Petani menunjukkan kentang di kawasan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Rabu (8/2/2023). Kentang adalah salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti beras.
Foto:

4. Labu Mentega

Karena labu mentega mengandung tepung tetapi relatif rendah kalori, labu ini bisa menjadi pengganti yang bagus untuk beras. Labu mentega juga tinggi vitamin E, yang meningkatkan kesehatan kulit.

5. Kentang

Kentang biasanya juga sangat baik untuk tubuh. Satu buah kentang berukuran sedang memiliki lebih banyak potasium daripada pisang, sehingga membuatnya bagus untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, kentang menawarkan pati resisten, yang bagus untuk kesehatan usus.

6. Roti Gandum

Tidak ada alasan untuk berhenti memakan sandwich dan memilih lapisan untuk selada, tetapi ada baiknya memeriksa ulang labelnya untuk memastikan agar membeli roti yang terbuat dari 100 persen biji-bijian (bukan campuran gandum dan bahan tambahan). Serat dalam biji-bijian tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat, biji-bijian juga terbukti menurunkan risiko diabetes tipe 2, strok, dan penyakit jantung.

7. Pasta Gandum

Sekali lagi, kuncinya di sini adalah memastikan untuk memindai lorong supermarket untuk mencari pasta yang terbuat dari 100 persen biji-bijian. Serat dalam pasta gandum akan membantu tetap kenyang, dan secangkir pasta yang dimasak adalah pilihan yang bagus untuk makanan sehat lainnya seperti sayuran, minyak zaitun, pesto yang kaya akan ramuan, dan protein tanpa lemak.

8. Ubi Jalar

Meski manis seperti namanya, gula dalam ubi jalar dilepaskan secara perlahan ke aliran darah, berkat serat yang menyertainya. Sayuran akar bertepung ini juga tinggi vitamin C, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan beta karoten, yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

9. Beras Merah

 

Beras merah mengandung bibit, sekam, dan endosperm dari biji-bijian, yang berarti beras merah memiliki lebih banyak serat, protein, dan nutrisi dibandingkan beras putih (yang hanya berupa endosperm, tanpa bibit dan sekam). Kandungan seratnya yang tinggi membuatnya bagus untuk rasa kenyang dan menjaga berat badan, serta mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, zinc, selenium, dan vitamin B.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement