Senin 09 Oct 2023 16:38 WIB

Yuk Kenali Rempah Negeri Sendiri, Masaknya tak Selalu Ribet

Makanan yang mengandung rempah menjadi obat bagi tubuh.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Acara Berapa Rempah yang Kau Tahu? Di Bentara Budaya, Jakarta, Ahad (8/10/2023).
Foto:

Tahun lalu, AKI juga melakukan semacam lomba membuat resep nonterigu dan nonberas. Hasilnya, para generasi muda, dalam hal ini mahasiswa, dapat membuat resep kreatif, baik dari jagung, singkong, talas dan lainnya. 

Shinta menambahkan pada dasarnya membuat makanan Indonesia dengan menyertakan rempah, tidak selalu ribet. Misalnya, sayur asem, dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan, dan rempahnya tingga dimasukan ke air kuahnya.

Kemudian sayur lodeh, sayur bening, yang bisa ditambahkan rempah temu kunci hanya dengan diiris atau dirajang. Rempah pada masakan bisa menambah rasa, aroma ataupun menyegarkan masakan.

Sering kali masih ada anggapan bahwa menambahkan rempah itu harus ribet dan perlu diulek atau dihaluskan. Padahal tidak semua rempah-rempah perlu dihaluskan.

Misalnya, untuk membuat minuman, hanya perlu merebus kayu manis, cengkih, dengan gula merah. Itu bisa disajikan di acara pertemuan, diskusi, atau apa saja. 

“Atau misal dikasih buah lain, sebetulnya nggak ribet. Bumbu nggak harus diulek, dirajang kasar juga bisa misal di cak gurame betawi, atau tumis-tumis juga cuma perlu bawang, jahe, kecombrang. Tapi kalau mau halus mungkin bisa dilakukan akhir pekan,” tambah dia.

Kumoratih Kushardjanto dari Yayasan Negeri Rempah mengatakan program ini bertujuan mengembalikan kosarasa yang seakan telah hilang. Sering kali anak muda juga masih belum mampu membedakan setiap jenis rempah.

“Dalam rangka pengajuan ke UNESCO, kalau masrakatnya nggak tahu gimana? Jadi kita mau kenalin rempah ke anak muda, yang ringan-ringan seperti gim menebak jenis rempah,” ujar dia.

Program pengenalan rempah ini dipersembahkan oleh Yayasan Negeri Rempah dan Akademi Kuliner Indonesia bersama PrawotoIndarto Tea and Coffee Advisory dalam rangka Road to Max Havelaar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement