Kamis 05 Oct 2023 18:11 WIB

Tiramisu dan Parfait, Hidangan Penutup yang Mudah Dibuat Pemula

Baik tiramisu maupun parfait bisa dimodifikasi sesuai selera.

Tiramisu
Foto: Pixabay
Tiramisu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebriti chef jebolan MasterChef Indonesia Olivia Tommy mengatakan untuk pemula yang ingin membuat hidangan penutup atau dessert bisa mencoba membuat tiramisu dan parfait dengan bahan dasar biskuit.

 

Baca Juga

"Tiramisu kan cuma lady finger ada yang jual sudah jadi, tinggal dicelup kopi, kasih krim, mascarpone atau cocoa powder, gampang tinggal dilayer atau tumpuk. Kalau parfait juga gampang banget," ucapnya saat ditemui pada peluncuran ULTIMA II Delicate Moisture Lip Tint di Jakarta, Kamis (5/10/2023).

 

Tiramisu dibuat dengan menumpuk sejumlah biskuit yang telah dicelup ke dalam cairan kopi dan ditambah dengan krim keju. Sementara parfait adalah tumpukan biskuit yang dihancurkan dan disajikan di dalam sebuah jar atau gelas dengan krim keju di setiap lapisannya.

 

Baik tiramisu maupun parfait bisa dimodifikasi sesuai selera seperti menambahkan krim rasa rosé dengan tambahan sirup, atau potongan buat ceri jika ingin rasa yang lebih segar. Selain itu, Olivia juga mengatakan hidangan no bake cheese cream juga mudah dibuat untuk pemula karena dalam proses pembuatannya tanpa menggunakan panggangan dan hanya memerlukan krim keju sebagai bahan dasarnya.

 

Jika ingin mendekorasi hidangan penutup, Olivia menyarankan tidak terlalu banyak menaruh garnish atau hiasan di atas kue. Meskipun banyak garnish yang disajikan, harus sabar dan tidak gegabah memasukkan semua hiasan karena akan membuat tampilan dessert menjadi tidak rapi dan terkesan berantakan.

 

"Jadi sabar pilih aja kira-kira yang mana diambil yang dikira cocok, diambil satu sudut baru di tambahin ke sudut lainnya," kata Olivia.

 

Wanita yang kerap membuat konten memasak di media sosial nya ini mengatakan, dekorasi dengan bunga yang bisa dimakan juga bisa jadi pilihan sebagai hiasan kue yang akan membuatnya terlihat lebih menarik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement