Jumat 29 Sep 2023 18:51 WIB

Usia Captain Marvel Diungkap, Picu Perdebatan di Kalangan Fans

Berapa usia sebenarnya Captain Marvel menurut Marvel Studios?

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter superhero Captain Marvel (tengah). Pengungkapan usia Captain Marvel oleg Marvel Studios menimbulkan perdebatan di kalangan fans.
Foto: AP Photo/Laura Radford/Disney-Marvel Studios
Karakter superhero Captain Marvel (tengah). Pengungkapan usia Captain Marvel oleg Marvel Studios menimbulkan perdebatan di kalangan fans.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat sebelum rilis film The Marvels, pihak Marvel Studios baru-baru ini memberikan kejutan tentang usia Captain Marvel. Perubahan tak terduga terkait usia membuat fans yang sangat menantikan setiap informasi tentang film tersebut dan beragam pemerannya, bingung, bahkan dalam beberapa kasus menjadi gelisah. 

Dilansir laman Movieweb, Jumat (29/9/2023), tur promosi The Marvels yang dibintangi Brie Larson, Teyonah Parris, dan Iman Vellani, relatif berjalan lancar. Postingan Marvel India di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) telah mengangkat obrolan tak terduga.

Baca Juga

Postingan tersebut mengungkapkan bahwa Captain Marvel atau Carol Danvers sebenarnya berusia lebih dari 60 tahun menurut usia manusia. Pengungkapan tak terduga ini ditampilkan bersama gambar sesama prajurit super, Captain America dan The Winter Soldier. 

Keduanya berusia lebih dari satu abad. Klaim menegaskan kembali bahwa di dunia pahlawan super, “usia hanyalah angka”. 

Pengungkapan usia tersebut mematahkan keyakinan banyak penggemar sebelumnya bahwa usia Carol Davers mencerminkan usia aktris yang memerankannya, Brie Larson yang berusia 28 tahun pada peristiwa Captain Marvel berlatar tahun 1995. Asumsi ini selaras dengan alur cerita dan latar belakang Danvers yang mapan, mengisyaratkan tahun kelahirannya sekitar tahun 1967. 

Menurut linimasa ini, Captain Marvel akan berusia 51 tahun ketika dia bertemu dengan anggota Avengers lainnya di latar Avengers: Endgame tahun 2018, yang kemudian melompati lima tahun hingga tahun 2023, membuatnya berusia 56 tahun. 

Selain itu, bahkan dengan mempertimbangkan kemungkinan tahun kelahiran Danvers pada 1965, dia akan berusia 58 tahun pada 2023. Dengan film The Marvels yang berlatar waktu pada 2025, ini berarti Danvers akan berusia antara 58 dan 60 tahun, tidak lebih dari yang disarankan oleh pemberitahuan Marvel baru-baru ini. 

Pengungkapan ini membuat penggemar menggaruk-garuk kepala, bergulat dengan teka-teki matematika yang gagal menyelaraskan dengan detail kronologis kehidupan Captain Marvel yang diketahui. Terlepas dari pengungkapan yang kontroversial ini, The Marvels, yang diproduksi dengan anggaran besar melebihi 130 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau  sekitar melebihi Rp 2 triliun siap memberikan dampak yang signifikan setelah dirilis pada 10 November 2023. Diskusi seputar usia Captain Marvel, menambah bahan perbincangan dan antisipasi menjelang pemutaran perdana film tersebut.

Bahkan dengan perdebatan yang sedang berlangsung dan perbedaan yang terlihat, para penggemar tidak diragukan lagi akan bergegas ke bioskop untuk menyaksikan babak selanjutnya dari perjalanan Carol Danvers di Marvel Cinematic Universe (MCU). Meskipun pengungkapan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini mungkin membuat banyak orang lengah, hal ini hanya sebuah perubahan kecil dalam lanskap penceritaan pahlawan super yang luas, di mana usia, identitas, dan alam semesta sering kali bergantung pada kreativitas naratif. Dalam lingkup besar pertempuran kosmik dan petualangan antar bintang, mungkin usia hanyalah angka. 

Namun perdebatan ini menunjukkan dedikasi dan perhatian terhadap detail dari basis penggemar setia MCU. The Marvels rencananya akan rilis pada 10 November 2023 sebagai bagian dari Fase Lima dari MCU. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement