Selasa 26 Sep 2023 12:55 WIB

Kontroversi Wamil BTS Mencuat Lagi, Buntut 'Dibebaskannya' Atlet E-Sport Korea dari Wamil

Pembebasan atlet e-Sport dari wamil menghidupkan kembali kontroversi lama wamil BTS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Jin BTS (kiri) dan J-hope BTS (kanan) memakai seragam militer. Aktivitas wamil BTS kembali mencuat setelah Pemerintah Korsel membebaskan atlet e-sport dari kewajiban wamil.
Foto:

Profesor Choi Eun-kyoung dari Universitas Hanshin menunjukkan bahwa pengecualian ini merupakan faktor motivasi yang signifikan bagi para pemain eSports. Namun reaksi, terutama dari penggemar BTS, beragam. 

“Aku sudah selesai. Perset*n denganmu,” komentar @xiv_xxugh_bts terhadap artikel berjudul Korea Selatan memberikan pengecualian wajib militer kepada gamer via kutipan di X (sebelumnya Twitter). 

Beberapa orang menyesali ketidakadilan yang dirasakan terhadap BTS. Namun yang lain mengapresiasi dedikasi para pemain eSports dan menekankan bahwa pengakuan e-Sports sebagai olahraga sudah ada sebelum ketenaran global BTS. 

“Sungguh gila bagaimana pemerintah tidak keberatan memberikan pengecualian militer kepada para e-gamer ini dibandingkan BTS yang telah berkontribusi miliaran dolar dalam perekonomian Korea Selatan, untuk mengatakan saat ini tidak ada gamer yang memenuhi syarat untuk itu karena tidak ada yang memiliki medali emas di Asian Games, dampak ekonomi BTS lebih besar dari medali itu,” kata salah satu akun, @xxxenthusiast. 

Beberapa penggemar bahkan menuduh jika BTS diberikan pengecualian, mereka mungkin tidak menerimanya untuk menghindari potensi “eksploitasi” oleh pemerintah. “Kalian semua harus menyadari jika BTS diberikan pengecualian, mereka tidak akan pernah menerimanya. Anda tahu, pemerintah mereka akan memanfaatkan mereka jika mereka diberikan,” ujar akun @xxbusonxire1. Perdebatan ini mungkin akan memanas setelah Asian Games, namun pertanyaan yang muncul mengenai pengabdian nasional, pengakuan, dan nilai kontribusi budaya modern akan tetap penting di tahun-tahun mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement