Jumat 29 Sep 2023 17:09 WIB

Manfaat Traveling untuk Healing dan Hobi yang Penuh Makna

Pada dasarnya saat perjalanan, tidak menutup kemungkinan mengalami budaya berbeda.

Traveling (ilustrasi). Menikmati manfaat traveling menjadi aktivitas menyenangkan yang berguna dalam kehidupan.
Foto: www.pixabay.com
Traveling (ilustrasi). Menikmati manfaat traveling menjadi aktivitas menyenangkan yang berguna dalam kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati manfaat traveling menjadi aktivitas menyenangkan yang berguna dalam kehidupan. Terlebih menjadi kegiatan yang baik bagi individu dan kelompok. Apalagi jika ingin menjelajahi tempat baru yang belum pernah kalian coba.

Pada dasarnya saat perjalanan, tidak menutup kemungkinan mengalami budaya berbeda. Termasuk eksplorasi wisata sehingga pengalaman tambah banyak. Secara harfiah traveling adalah perjalanan dari satu daerah ke daerah lainnya.

Baca Juga

Tentunya masyarakat mengenal kata traveling dan traveling, ternyata keduanya benar. Bagi pengguna American English pasti memakai kata traveling. Sementara itu bagi pengguna bahasa British English tentu lebih mengenal traveling.

Tujuan dan manfaat traveling paling utama yakni mengunjungi berbagai tempat atau destinasi. Keinginan liburan, pendidikan, bisnis atau eksplorasi tentu menarik. Artinya tujuan dapat kalian sesuaikan dengan apa keinginan awalnya.

Tapi harus terdapat perpindahan fisik dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Seringkali menjadi bentuk penjelajahan tempat yang belum kunjungi. Meski begitu boleh juga mengunjungi tempat yang kalian datangi sebelumnya.

Jika berbicara tentang liburan, sebagian besar orang menyukainya. Penyebabnya karena bisa memberi kesempatan pengembangan diri karena eksplorasi diri. Terlebih bisa mengenali wilayah luar yang sebelumnya tidak kalian kenal.

 

Mengenal pengertian aktivitas traveling yang istimewa

Apabila melihat dari garis besarnya, travelling dapat kalian artikan sebagai wisata atau liburan. Pastinya menjadi aktivitas yang kalian lakukan selain dari rutinitas harian. Terutama jika setiap harinya hanya sekedar bekerja.

Mencoba mencari manfaat traveling begitu penting supaya tidak bosan karena keseharian. Mengunjungi suatu tempat wisata bisa menjadi healing menyenangkan. Terlebih menikmati berbagai tempat baru yang belum pernah kalian kunjungi.

Apalagi umumnya turis bisa berinteraksi dengan lingkungan atau pemandangan sekitarnya. Begitu juga berkomunikasi bersama dengan orang lokal dalam wilayah wisata. Tidak heran terdapat banyak pengalaman istimewa bisa kalian nikmati.

Pada dasarnya liburan bukan hanya menjadi aktivitas menghabiskan waktu kosong belaka. Melainkan akan menjadi hobi menyenangkan yang sering kalian rindukan setiap waktu. Terlebih karena terdapat pengalaman menarik selama berwisata.

Aktivitas terbaik yakni mulai dari berkeliling kota atau hunting foto. Pastinya bagus sebagai konten media sosial yang menarik. Belum lagi dapat hunting makanan lokal sehingga lebih dekat dengan daerah liburan.

Dalam menciptakan bagusnya manfaat traveling, mencakup rekreasi, bisnis, liburan dan sebagainya. Tentu menjadi perjalanan fisik dari satu tempat ke lainnya. Artinya bisa melakukan penjelajahan dan eksplorasi yang menawan.

Saat perjalanan, kalian bisa melakukannya dalam skala lokal, nasional hingga internasional. Belum lagi akan menjadi kenangan berharga selama hidup. Maknanya tidak terbatas sehingga semakin memahami betapa luasnya dunia.

7 manfaat traveling yang penting bagi kehidupan

Berwisata memiliki manfaat penting untuk kemajuan hidup seseorang. Apalagi bisa semakin senang, tapi manfaatnya jauh lebih banyak dari itu. Jadi, begitu krusial bagi kehidupan karena berbagai kelebihan masa depan. Di bawah ini 7 manfaat traveling yang penting bagi kehidupan:

Mengurangi stres

Manfaat terbaik berlibur yakni mengurangi stres sehingga bagus bagi mental dan fisik. Terlebih tidak melakukan rutinitas harian tapi menikmati momen berwisata. Artinya energi dan kesegaran semakin kembali dengan maksimal.

Meningkatkan kreativitas

Manfaat traveling demi meningkatkan kreativitas bagus karena menuju tempat baru. Tentu bisa melihat pemandangan atau budaya berbeda sehingga merangsang imajinasi. Wajar penting bagi penulis, seniman dan profesi kreatif lainnya.

Menambah pemahaman budaya

Kalian berpeluang menambah pemahaman budaya karena interaksi secara langsung. Pemahaman adanya budaya berbeda semakin berkembang. Tidak heran jika toleransi dan menghargai segala keragaman tambah baik.

Menciptakan rasa mandiri dan percaya diri

Setelah liburan, kalian menciptakan rasa mandiri dan percaya diri. Hal ini penting supaya mampu menghadapi berbagai situasi tidak terduga saat masa depan. Bahkan membantu mengambil keputusan tepat karena kepercayaan diri.

Memperluas pengalaman dan wawasan

Potensi memperluas pengalaman dan wawasan dalam perjalanan terbukti berhasil. Apalagi mengalami serta belajar langsung soal budaya, sejarah, tradisi hingga kehidupan. Tentu membuka pikiran sehingga wawasan terhadap dunia meningkat.

Meningkatkan hubungan sosial

Usaha meningkatkan hubungan sosial berhasil karena manfaat traveling dapat kalian temukan. Nantinya bertemu atau berinteraksi dengan orang baru. Mulai dari penduduk lokal atau rekan wisatawan sehingga pertemanan luas.

Menjadi kenangan berharga

Wisata menjadi kenangan berharga bahkan sepanjang hidup traveler. Setiap momen yang kalian habiskan sendiri maupun bersama orang tersayang tentu berharga. Bahkan bisa membagikan terus kisahnya sampai masa depan.

 

5 tips melakukan kegiatan traveling yang benar

Pada dasarnya tujuan awal seseorang berlibur yakni menghilangkan rasa stres dan mengisi waktu liburan. Pastinya terdapat keinginan supaya berjalan lebih lancar. Untuk menemui kelancaran, harus punya ragam persiapan yang baik. Di bawah ini adalah lima tips melakukan kegiatan traveling yang benar:

Memilih tempat liburan terbaik

Menikmati manfaat travelling dapat terbantu apabila memilih tempat liburan terbaik. Berusaha menghilangkan penat tentu harus mencari lokasi bagus. Untuk refreshing bisa memilih alam seperti pegunungan atau air terjun.

Kegiatan liburan alam sejuk karena udaranya bersih atau asri. Hal ini menambah kemungkinan hilangnya rasa stres dan tertekan menghilang. Belum lagi energi baru setelah perjalanan akan kalian peroleh.

Berkenalan dengan orang baru

Rahasia penting lain menikmati wisata yakni berkenalan dengan orang baru. Bahkan kalau perlu ngobrol dalam destinasi wisata kunjungan. Selain menambah teman, berguna untuk membantu apabila ada masalah darurat.

Melupakan sejenak beban sehari-hari

Berusaha melupakan beban sehari-hari bisa membuat manfaat travelling kalian rasakan. Pastinya tidak boleh masih memikirkan kesibukan saat liburan. Terlebih bisa menyebabkan rasa kurang nyaman dan tidak fokus dalam berwisata.

Artinya penting melupakan pekerjaan atau kesibukan lain dari rumah. Tentunya tidak akan terlalu memikirkan kesibukan walaupun setelah pulang akan bekerja. Menikmati waktu refreshing penting sehingga lebih nyaman.

Mengutamakan me time

Mengutamakan me time bisa memperlancar perjalanan karena bisa menyenangkan diri sendiri. Waktu yang kalian miliki berguna untuk refreshing. Liburan jauh terasa fresh dan bahagia sehingga menambah energi baru.

Menyediakan anggaran mencukupi

Kewajiban menyediakan anggaran mencukupi tentu mempengaruhi manfaat travelling cukup besar. Anggaran bisa kalian siapkan jika telah memiliki itinerary. Tentukan semua perhitungan sehingga lebih akurat dan tidak boros.

Pentingnya melaksanakan aktivitas traveling dengan aman

Keamanan menjadi pertimbangan penting turis sebelum melakukan perjalanan. Tentu harus memahami dengan baik bagaimana perencanaan sehingga lebih aman atau nyaman. Tentu bisa mengikuti langkah mudahnya tapi manfaatnya krusial seperti berikut:

1. Membuat daftar barang dan susunan perjalanan

Demi menghadirkan manfaat travelling aman, pastikan membuat daftar barang. Hal ini berguna supaya dapat membawa barang bawaan yang penting saja. Lalu tidak perlu harus membawa barang terlalu banyak sehingga keberatan.

Jangan lupa sekaligus membuat susunan perjalanan pada daerah atau tempat wisata apapun. Misalnya membuat itinerary, rute perjalanan sekaligus budget. Bahkan boleh melakukan riset lokasi dan rentang waktu sehingga lebih terarah.

2. Menyiapkan dokumen perjalanan dan asuransi

Persiapan terpenting sebelum perjalanan supaya aman yakni memiliki semua dokumen perjalanan. Kalian harus punya KTP, Visa, Passport, ATM dan lainnya. Pastinya harus ada salinan dokumen penting selain menyiapkan bentuk aslinya.

Sementara itu tidak kalah pentingnya ada asuransi perjalanan sebagai bentuk antisipasi. Apalagi berguna saat keadaan darurat sehingga tidak perlu khawatir lagi. Jika mengalami kejadian kurang kalian inginkan telah ada pencegahan.

3. Membawa pakaian dan obat jika membutuhkan

Berusaha membawa pakaian seperlunya saja membantu manfaat travelling supaya terjaga. Tidak ada salahnya melakukan mix and match dan menyempatkan set outfit. Tujuannya supaya tidak berlebihan serta menghindari kopernya penuh.

Selain itu penting juga untuk membawa kebutuhan seperti obat jika membutuhkan. Contohnya memiliki suatu penyakit atau persiapan apabila ternyata kambuh. Segala persiapan harus kalian tambahkan sehingga keamanannya semakin terjaga.

4. Traveling dapat menjadi investasi memori masa depan

Bagusnya manfaat travelling terbukti menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Mulai dari kalangan muda maupun tua pasti membutuhkan kegiatan liburan. Apalagi setelah melewati hari-hari yang penuh dengan kepenatan atau stres.

Jika tidak berlibur bisa menyebabkan kejenuhan sehingga penting. Walaupun hanya melakukannya dengan waktu terbatas, nyatanya berguna menghilangkan rasa tertekan. Apalagi berguna menjadi investasi pengalaman bagus untuk masa depan.

Suasana saat mendapatkan liburan akan membosankan apabila hanya menghabiskan di rumah. Demi mendapatkan pengalaman bagus, perencanaan liburan seringkali kalian lakukan. Tentu supaya tetap menjaga kondisi keuangan agar stabil.

Pada dasarnya keinginan menikmati manfaat traveling ingin kalian maksimalkan. Artinya liburan secara hemat atau menyenangkan menjadi pilihan menarik. Semua orang pastinya memiliki versi atau perencanaan sendiri saat berlibur.

Apabila ingin menggunakan liburan sebagai investasi masa depan, harus bisa mengerti diri sendiri. Intinya memahami ingin melakukan perjalanan atau pengalaman apa. Prioritas budget juga menjadi pertimbangan yang penting.

Pertimbangan budget krusial supaya menjadi investasi memori. Pembagian penting, misalnya dari 100 persen, lalu 50 persen untuk expenses dan 30 persen bagi prioritas. Lalu 20 persen bagi darurat, 20 persen untuk investasi dan 10 persen sosial.

Dalam memperoleh pengalaman terbaik, melihat pemandangan hebat dan mencicipi kuliner prioritasnya. Planning membantu supaya liburan dapat menjadi lifestyle yang baik. Jadi, terjamin menikmati manfaat traveling secara maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement