Rabu 20 Sep 2023 07:05 WIB

Gara-Gara Sering Nonton TV, Anak Kecil Ini Mampu Selamatkan Nyawa Orang

Memakai teknik CPR yang dilihat di serial televisi, nyawa seseorang terselamatkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Gara-gara menonton serial Netflix Stranger Things, seorang anak kecil mampu menyelamatkan nyawa orang lain/ilustrasi.
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Gara-gara menonton serial Netflix Stranger Things, seorang anak kecil mampu menyelamatkan nyawa orang lain/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pada awalnya, Christina Macmillan tidak terlalu mendukung putranya yang berusia 12 tahun, Austen, menonton serial Netflix “Stranger Things”, yang mempertemukan sekelompok anak-anak melawan alien dan setan.

Namun, dia berubah pikiran setelah putranya menggunakan teknik CPR yang dia lihat di adegan serial tersebut, untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang tenggelam.

Baca Juga

“Saya agak ragu dia menontonnya. Tapi saya sangat bersyukur karena mengizinkannya,” kata Macmillan kepada dilansir dari The Guardian, Rabu (20/9/3024), mengutip premis acara fiksi ilmiah-horor tersebut.

Kisah luar biasa tentang bagaimana Austen menyelamatkan Jason Piquette yang berusia 30 tahun, terjadi di rumah mereka di Wellington, Florida, Amerika Serikat, pada 4 September 2023. Austen sudah rutin menemui Piquette sejak tiga tahun sebelumnya, untuk terapi analisis perilaku terapan. 

Dan hari itu, mereka berenang di kolam renang rumah Macmillan sebagai bagian dari 20 jam kerja bersama setiap pekannya. Saat berenang, mereka akhirnya mulai melihat siapa di antara mereka yang bisa menahan napas lebih lama di bawah air, dan mencatatnya dengan pengatur waktu. 

Austen menyadari ada sesuatu yang tidak beres ketika dia melihat pengatur waktu mencapai sekitar lima menit pada giliran Piquette. “Saya tahu itu terlalu lama. Dia tidak akan bisa melakukan itu,” kata Austen.

Kamera keamanan di rumah Macmillan merekam Austen saat dia berenang ke dasar kolam, masuk ke bawah dan menarik Piquette ke tangga. Macmillan mengatakan Austen mencoba menggunakan fitur buka kunci darurat di ponsel Piquette, untuk menghubungi bantuan darurat – tetapi tombol layar sentuh yang memungkinkan dia untuk memanggil petugas pertolongan pertama itu tampak retak.

Bocah itu tidak menyadari sampai kemudian bahwa dia juga bisa mengaktifkan fitur buka kunci darurat ponsel dengan menahan dua tombol di samping perangkat selama beberapa detik. Jadi Austen, yang orang tuanya tidak ada di rumah saat itu, berlari ke halaman depan dan berteriak minta tolong.

Austen segera kembali ke sisi Piquette dan melakukan hal paling bermanfaat yang dapat dia pikirkan, dia mulai melakukan kompresi dada pada Piquette. Dia ingat pernah menonton “Stranger Things” bersama keluarganya, dan melihat bagaimana satu karakter menghidupkan kembali karakter lainnya dengan cara yang sama di akhir musim pertama.

Untuk adegan tersebut, karakter yang diperankan oleh Winona Ryder dan David Harbour memberikan kompresi dada kepada putranya yang tidak sadarkan diri, yang diperankan oleh Noah Schnapp.

Adegan ini berpuncak dengan karakter Harbour yang mati-matian memukuli dada Schnapp yang kemudian Schnapp tiba-tiba hidup kembali, terengah-engah, dan dipeluk erat oleh Ryder yang menangis namun lega.

Dalam kasus Austen, setelah beberapa menit melakukan kompresi, dan satu pukulan di dada sangat mirip dengan yang ada di acara itu, Piquette kembali sadar. Ayah Austen pulang dari toko kelontong beberapa menit kemudian, mendengar tangisan panik putranya, dan ayahnya pun meminta bantuan darurat.

Piquette dibawa ke rumah sakit yang memasukkannya ke unit perawatan intensif, di mana dia diberi oksigen semalaman. Namun Piquette segera pulih dan bisa dipulangkan, dan dia kembali bekerja pada hari Jumat di pekan yang sama.

Emosi yang digambarkan MacMillan adalah kebanggaan, atas keberanian, kepercayaan diri, dan kemandirian putranya yang tumbuh melalui terapi, hingga putranya itu mampu menyelamatkan nyawa orang dewasa. “Dia pahlawan super kecilku,” kata Macmillan.

“Ini menunjukkan bahwa dia lebih mampu dibandingkan dengan apa yang dianggap banyak orang, dan apa yang dia hargai pada dirinya sendiri,” ucap dia lagi.

Piquette pun juga memberikan pernyataan bahwa Austen menunjukkan keberanian dalam menghadapi situasi yang sangat menakutkan dan tampaknya tanpa harapan. “Dan dia harus selalu tahu bahwa dia cukup kuat untuk menghadapi apa pun dalam hidup, dan bahwa dia adalah seorang pahlawan,” ujar dia.

Namun Austen, ibunya, dan Piquette juga berupaya meningkatkan kesadaran tentang pelatihan CPR dan mencegah pemadaman listrik di perairan yang relatif dangkal.

Macmillan mengatakan dia mengatur agar anggota keluarganya serta teman dekatnya mau menjalani kursus sertifikasi CPR dan pertolongan pertama. Dia juga meluangkan waktu untuk mempelajari semua cara membuka kunci ponsel agar bisa melakukan panggilan darurat.

Sementara itu, dalam keterangannya, Piquette mengakui bahwa mencoba menahan napas di dalam air adalah kesalahan besar.  Dia mengatakan dia pingsan dalam 30 detik pertama upayanya dan menduga hal itu terjadi karena hiperventilasi yang sudah terjadi sebelumnya.

“Saya tidak mengetahui bahayanya, dan saya berharap orang lain dapat mengambil pelajaran dari hal ini. Tuhan memberi Austin kekuatan dan kebijaksanaan untuk menyelamatkan hidup saya di saat sangat membutuhkan. Tuhan akan terus membuatnya untuk melakukan hal-hal besar,” kata Piquette.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement