Sabtu 16 Sep 2023 19:07 WIB

Janji Jiwa Hadirkan Kopi Keliling Mulai dari Rp 8 Ribu Perak

Kopi keliling Janji Jiwa dijual melalui 50 gerobak sepeda listrik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Gerobak keliling Janji Jiwa atau Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa.
Foto: Republika/Santi Sopia
Gerobak keliling Janji Jiwa atau Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gaya hidup anak muda saaat ini masih tetap menjadikan berkumpul dan nongkrong sebagai kebiasaan serta hobi mereka. Akan tetapi bagi yang terkadang mengejar waktu dan tidak sempat mengunjungi tempat nongkrong, mereka juga biasa mencari kuliner kekinian yang mudah didapat.

CEO dan Founder Jiwa Group Billy Kurniawan mengatakan, Janji Jiwa menangkap kebutuhan itu dengan menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa" atau disingkat KSJ. Tujuannya menyentuh para pecinta kopi yang lebih luas.

Baca Juga

Sebanyak 50 sepeda berdaya listrik yang ramah lingkungan akan berkeliling menjangkau para pelanggan dan menawarkan produk-produk unggulan, baik kopi maupun non-kopi, dengan harga yang murah meriah (murmer) mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu.

"Sejuta Jiwa berasal dari kata 'Sejuta Umat' yang artinya milik semua orang,” kata Billy di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Nama KSJ mencerminkan tujuan dari Janji Jiwa untuk dapat memberikan akses kepada para customer agar lebih mudah menikmati kopi Janji Jiwa kapan dan di mana saja, serta melayani segmen pasar lebih luas.

Produksi kopi tetap dilakukan di gerai pusat dan sajian minuman tetap segar dari sejak dibuat hingga diterima konsumen. Mitra rider yang berkeliling hanya perlu mencari titik-titik di mana banyak orang biasa nongkrong dan memesan kopi.

Produk kopi sudah tersaji dalam cup, tinggal ditambahkan es batu saat disiapkan mitra rider. Pelanggan juga bisa memilih beberapa opsi kategori minuman, namun tidak ada opsi hangat agar kualitas produk tetap terjaga.

Tujuan dari KSJ ini juga untuk mendukung masyarakat menjadi pelaku UMKM. Janji Jiwa menerapkan pendekatan melalui bentuk kemitraan yang akan bekerja sama dengan mitra lokal dalam mendukung kegiatan operasional bagi mitra Kopi Sejuta Jiwa.

Perusahaan memiliki misi untuk dapat mencapai total satu juta Mitra mobile yang dapat melakukan wirausaha mandiri lewat program kemitraan. Kemudian mendorong setiap pelaku UMKM untuk dapat menjadi pengusaha kopi yang andal melalui pembinaan yang akan dilakukan secara berkala oleh Jiwa Group kepada setiap mitra.

Saat ini, KSJ akan mencakup wilayah penjualan mulai dari Jakarta Barat, Kemanggisan, Duri Kosambi, Greenville, dan Brigjen Katamso. Kemudian Jakarta Pusat, mulai dari Sudirman, Tanah Abang, Kebon Kacang, hingga Cideng. Serta di area Jakarta Selatan seperti daerah Bendungan Hilir dan Cilandak.

“Ada mitra yang bisa menjual 200 cup sehari, kemudian komisinya dihitung sesuai kesepakatan,” ujar Billy menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement