Sabtu 16 Sep 2023 18:58 WIB

Generasi Muda Keluarkan 30 Persen Uang Buat F&B dan Nongkrong

Selepas pandemi kebiasaan anak muda untuk nongkrong dinilai sudah kembali.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Janji Jiwa hadirkan logo dan konsep gerai baru.
Foto: Republika/Santi Sopia
Janji Jiwa hadirkan logo dan konsep gerai baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kebiasaan generasi muda atau Gen Z kerap menjadi perhatian berbagai industri saat ini. Setelah pandemi dinyatakan berakhir sejak Juni 2023, kebiasaan anak muda sekarang disebut terlihat mulai banyak kembali mencari tempat nongkrong.

Menurut CEO dan Founder Jiwa Group Billy Kurniawan, tren konsumen muda saat ini mengeluarkan 30 persen uang mereka untuk menikmati makanan dan minuman (F&B). Kemudian mencari tempat nongkrong untuk sekadar berkumpul bersama teman maupun kerabat.

Baca Juga

“Habis pandemi, mereka yang mencari tempat nongkrong sangat tinggi dan tempat bernuansa outdoor,” kata Billy dalam acara 5th Anniversary Janji Jiwa di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Saat ini pertumbuhan populasi usia pekerja juga cukup tinggi. Jadi Indonesia sedang didukung oleh para generasi produktif. Sehingga kebiasaan generasi muda untuk nongkrong dan sosialisai tetap tinggi.

Merayakan usia ke lima tahunnya, Janji Jiwa memperkenalkan logo dan konsep outlet yang baru, serta menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa (KSJ). Hal ini bertujuan memudahkan para pelanggan merasakan nikmatnya kopi Janji Jiwa.

Konsep fresh-to-cup dalam menyajikan pilihan kopi lokal Indonesia telah dibawa lewat gerai kopi 'Grab & Go' Janji Jiwa sejak lima tahun lalu. Namun dalam perjalanan Janji Jiwa di tahun ke-5 ini, Janji Jiwa menyadari bahwa dalam keseharian masyarakat Indonesia.

Hadir dengan logo baru berwarna perpaduan warna kemerahan, merah muda dan ungu, Janji Jiwa juga mengusung konsep outlet yang lebih kekinian. Inspirasinya tetap berasal dari kopi, yakni buah ceri kopi yang berwarna kemerahan.

Tema konsep toko baru ini menekankan offline experience untuk hang out, sosialisasi dengan tambahan kategori produk Janji Jiwa. Konsep baru gerai difokuskan pada pembaharuan consumer journey mulai dari cara pemesanan produk (melalui self service kiosk), pengambilan produk (restaurant paging system) dan melengkapi pengalaman menikmati produk dengan inovasi pada packaging dan menu pilihan.

“Kita juga hadirkan lebih banyak pilihan menu makanan kategori quick serve meal mulai dari toast, bakmi, nasi, cemilan seperti singkong goreng, yang sejauh ini jadi best seller,” lanjut dia.

Saat ini konsep gerai baru Janji Jiwa hadir di lima lokasi yakni di Equity Tower, RSUP Fatmawati, Summarecon Mall Serpong, KAI Palmerah, dan KAI Sudirman. Ke depannya ada rencana membuka di Margonda Depok, lalu BSD Tangerang dan wilayah lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement