Sabtu 16 Sep 2023 19:30 WIB

Dokter Anjurkan Periksa Kesehatan Gigi dan Mulut Rutin Sejak Dini

Dental check up akan memberi pengalaman yang baik ke dokter gigi bagi anak.

Seorang anak diperiksa gigi pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, Kota Bandung, Jawa Barat.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Seorang anak diperiksa gigi pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, Kota Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi Kesehatan, Dokter Gigi Spesialis Periodontik dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan drg Indah Kusuma Pertiwi menganjurkan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin sedari dini.

"Bisa mulai sedini sejak gigi susu tumbuh pada bayi rentang usia empat sampai enam bulan," kata Indah di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga

 Selain pemeriksaan bayi dan balita di dokter anak, kata Indah, orang tua juga perlu memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anak sejak bayi, guna mengetahui cara membersihkan gigi dan mulut pada bayi. Karena orang tua perlu mengetahui cara membersihkan mulut bayi dengan baik dan benar.

Kemudian, sambungnya, pembiasaan anak dalam melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin (dental check up) akan memberikan pengalaman yang baik saat ke dokter gigi bagi anak. "Itu juga bisa mengurangi trauma, terutama (jika berobat) dalam kondisi sakit dan bengkak, akan banyak terdapat ketidaknyamanan pada anak yang bisa menimbulkan trauma pada anak," ujar Indah.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin sedini mungkin, kata Indah, orang tua juga turut mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika gigi dan mulut anak sehat, kata dia, anak tidak merasakan sakit pada saat mengunyah. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan anak untuk dapat mengunyah makanan bergizi, yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Pemeriksaan tersebut, sambungnya, hanya memerlukan waktu enam bulan sekali jika sehat dan tiga hingga empat bulan sekali jika ditemukan masalah pada gigi dan mulut. Indah juga menyebutkan bahwa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut merupakan layanan yang dicakup oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Bagi yang belum mulai (pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut), sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Tidak ada salahnya menambahkan dental check up pada anak," ucapnya.

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement