Rabu 13 Sep 2023 08:03 WIB

Tiga Langkah Pertolongan Pertama pada Luka

Luka yang tidak ditangani akan menyebabkan masalah ke depan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Masih banyak orang yang belum paham bagaimana acara penanganan pertama pada luka.
Foto: flickr
Masih banyak orang yang belum paham bagaimana acara penanganan pertama pada luka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang pasti pernah mengalami luka, baik luka kecil maupun besar. Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham bagaimana acara penanganan pertama pada luka.

Berikut tiga langkah sederhana yang diungkapkan oleh Dokter sekaligus edukator, dr Kevin Mak, untuk mengatasi luka. Dokter Kevin mengatakan luka jika tidak ditangani dengan benar, akan membuat masalah ke depannya.

Baca Juga

Luka kecil misalnya bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan nanah. Sementara luka besar seperti luka operasi, bekas lukanya sebenarnya bisa dicegah jika melakukan langkah yang tepat.

Oleh karena itu, luka yang baru terjadi, harus ditangani pertama kali dengan baik. Menurut dokter Kevin, ada tiga langkah sederhana, apa saja?

Bersihkan

Dokter Kevin menyarankan cuci dengan bersih, kalau bisa dengan air mengalir. Jangan lupa gunakan antiseptik agar bersih, tujuannya agar tidak infeksi dan lebih mudah penyembuhannya, masuk ke fase penyembuhan selanjutnya.

Luka wajib lembab

Luka wajib lembab. Ia menjelaskan, lembab dan basah dua hal berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk yang fungsi utamanya untuk melembabkan. Anda bisa menggunakan salep luka.

Tutup luka

Ketika sudah lembab, pastikan masuk ke fase penyembuhan yang terakhir. Yaitu ketika mulai timbulnya jaringan-jaringan. Kondisi ini harus dirawat dengan baik, terutama dilindungi.

"Biasanya perlu plester juga supaya tidak masuk debu, kotoran dan tidak masuk ke komplikasi seperti infeksi," ujarnya dalam acara Press Conference : Hansaplast First Aid Day 2023, Selasa (12/9/2023).

Apakah semua luka sebaiknya ditutup? Dokter Kevin mengatakan selama lukanya terlihat lecet, tersayat, tertusuk itu artinya ada kerusakan pada lapisan kulit. Karena kulit kita fungsi utamanya sebagai barrier.

Ia mengatakan jika ada luka, yang namanya luka harus ditutup. Tidak ada prinsip luka terbuka, karena kalau terbuka lebih gampang kotor, infeksi dan komplikasi.

photo
Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menjadi Keloid - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement