Selasa 12 Sep 2023 21:22 WIB

Gol Pratama Arhan Pastikan Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23 

Indonesia meraih hasil sempurna di Grup K dengan menyapu bersih kemenangan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Fernan Rahadi
Pertandingan babak pertama antara Timnas Indonesia melawan Turkmenistan pada Kualifikasi Grup K AFC U23 Asian Cup 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa  (12/9/2023). Pada babak pertama Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan melalui gol Ivar Jenner.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pertandingan babak pertama antara Timnas Indonesia melawan Turkmenistan pada Kualifikasi Grup K AFC U23 Asian Cup 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). Pada babak pertama Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan melalui gol Ivar Jenner.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024 sebagai juara Grup K setelah menang 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada babak pertama kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). Gol bek kiri Pratama Arhan pada menit ke-93 memastikan kemenangan Indonesia usai gol pembuka yang dicetak pemain naturalisasi, Ivar Jenner.

Atas kemenangan ini, Indonesia meraih hasil sempurna di grup K dengan menyapu bersih kemenangan penyisihan grup. Sebelumnya, skuad besutan Shin Tae-Yong menghancurkan China Taipei sembilan gol tanpa balas.

Baca Juga

Jalannya pertandingan

Permainan keras diperagakan oleh kedua tim sejak menit pertama. Akibatnya Turkmenistas harus mengganti Priyev Ruslan lebih awal yakni pada menit ke-13 karena cedera. Ia digantikan Mamiyev Begench.

Indonesia bermain lebih agresif. Pratama Arhan dan kawan-kawan mendominasi permainan. Hal tersebut memaksa Turkmenistan bermain lebih bertahan. Pada menit ke-10 Garuda Muda sempat mencetak gol tetapi dianulir karena Arhan berada di posisi offside.

Kemelut di depan gawang Turkmenistan terjadi pada menit ke-24. Berawal dari skema lemparan bola Arhan, tembakan Struick di depan gawang memanfaatkan kemelut diblok oleh pemainTurkmenistan. Tembakan Struick kembali diblok pada menit ke-31.

Indonesia terus menekan dan mengontrol permainan. Ivan Jenner dan Marselino mendominasi lini tengah permainan. Pada menit ke-40, tembakan jarak jauh Ivan menjebol gawang Turkmenistan.

Unggul 1-0, Indonesia kian percaya diri. Sementara Turkmenistan masih kesulitan keluar dari tekanan. Hingga babak pertama usai Indonesia mempertahankan keunggulan 1-0.

Turkmenistan sempat bermain agresif di awal babak kedua. Namun itu tidak lama karena Indonesia keluar dari tekanan dan kembali mengontrol permainan. Pada menit ke-52, Struick mendapatkan peluang emas di dalam kotak penalti tetapi diblok.

Dua menit berselang, sundulan Rio membentur mistar ketika menyambut umpan Jenner. Tuan rumah terus menguasai permainan yang membuat Turkmenistan kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-62 Struick kembali mendapatkan peluang mencetak gol dengan tembakan namun diblok. Peluang itu berawal dari lemparan ke dalam Arhan. Witan Sulaiman sempat mencetak gol pada menitke-73 ketika merebut bola dari kiper. Tetapi wasit menganulir karena pemain Persija itu handball.

Tembakan Struick kembali diblok pada menit ke-84. Gol sundulan Arhan pada menit ke-90+3 menutup kemenangan Indonesia 2-0. Dengan demikian Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2024 sebagai juara grup K dengan nilai enam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement