Selasa 05 Sep 2023 19:00 WIB

10 Kiat Bantu Anak Mempersiapkan Ujian

Mempersiapkan anak menghadapi ujian adalah tugas yang menantang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Ada beberapa langkah yang dapat orang tua ikuti untuk membantu anak mempersiapkan diri menghadapi ujian agar bisa memperoleh hasil yang maksimal/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Ada beberapa langkah yang dapat orang tua ikuti untuk membantu anak mempersiapkan diri menghadapi ujian agar bisa memperoleh hasil yang maksimal/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mempersiapkan anak menghadapi ujian adalah tugas yang menantang. Namun kebanyakan orang tua tidak mengetahui  trik untuk membantu mereka. Mereka akan mengalami malam-malam tanpa tidur sebelum ujian jika mereka tidak melakukan persiapan. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membantu anak Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian:

1. Bantu mereka dalam membuat rutinitas.

Baca Juga

Dilansir laman The Manthan School, Senin (4/9/2023), anak-anak tidak sadar bahwa mereka harus mempersiapkan diri untuk mencapai hasil yang baik di usia muda. Mereka mungkin percaya bahwa jika mereka mempersiapkan diri sekali, mereka akan siap menghadapi semua ujian. Untuk memastikan bahwa anak Anda benar-benar mempersiapkan diri menghadapi ujian, bantulah mereka dalam mengembangkan rutinitas. Seorang anak hendaknya mempunyai rutinitas untuk mengetahui kapan waktunya belajar dan kapan waktunya bermain atau bersantai. Ini merupakan langkah penting dalam persiapan ujian anak.

 

2. Bicarakan dan bagikan apa yang Anda harapkan dari mereka.

Siswa harus mempersiapkan ujian dengan baik terlebih dahulu agar dapat mengerjakannya dengan baik. Ingatlah untuk memberi tahu anak Anda apa yang Anda harapkan dari mereka selama ujian. Jika mereka mengetahui pertanyaan apa yang akan diajukan, mereka dapat lebih mempersiapkan diri menghadapi ujian yang akan datang. Untuk persiapan ujian yang lebih baik, anak harus mengetahui apa yang akan hadir.

 

3. Ajukan pertanyaan dan diskusikan jawabannya.

Jika anak Anda tidak yakin tentang sesuatu, Anda harus menanyakan pertanyaan terkait ujian. Semakin banyak mereka berlatih, semakin baik persiapan mereka menghadapi ujian. Anda juga dapat menanyai mereka mengenai pengetahuan umum atau masalah moral jika Anda yakin mereka perlu melakukan perbaikan dalam bidang ini. Anda harus mengajukan pertanyaan kepada anak Anda dan membantu mereka melakukan revisi untuk mendapatkan hasil yang efektif. Ini akan membantu anak Anda mempersiapkan diri dengan sempurna untuk ujian.

 

4. Mendorong dan memotivasi mereka.

Anda harus menyemangati anak Anda sebelum dan sesudah ujian. Energi positif Anda akan membuat mereka percaya diri dengan tingkat persiapan ujiannya, meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri mereka.

 

5. Perlindungan yang berlebihan harus dihindari.

Anak-anak Anda, seperti anak lainnya, akan belajar untuk ujian . Namun, dia harus mempersiapkan dan mengikuti ujian secara mandiri. Jika Anda terlalu protektif, mereka mungkin akan kesulitan melakukan persiapan dan gagal mempersiapkan diri menghadapi dunia yang kompetitif.

 

6. Ikuti jadwal yang tepat.

Anak-anak harus mempersiapkan ujian sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh guru atau orang tua berdasarkan kelompok umur siswa, yang membantu mereka dalam mempersiapkan ujian dengan baik. Mereka belajar lebih efektif bila mereka mempersiapkan diri dalam jangka waktu yang ditentukan oleh penguji, bisa satu bulan, dua bulan, atau bahkan lebih lama, tergantung ketersediaan waktu mereka pada hari libur. Ini memberi anak cukup waktu untuk mempersiapkan ujian secara efektif.

 

7. Hindari memberi terlalu banyak tekanan pada anak Anda.

Orang tua harus mempersiapkan anak-anak mereka untuk menghadapi ujian, tetapi mereka juga harus menghindari menempatkan mereka di bawah tekanan yang tidak semestinya karena anak-anak tidak dapat menangani stres dengan baik pada usia ini. Saat mempersiapkan ujian, anak-anak harus diajari bahwa mempelajari hal-hal baru tidak terjadi dalam semalam; itu membutuhkan latihan teratur, yang membuat Anda bekerja lebih baik setiap hari hingga ujian. Selain itu, terlepas dari seberapa sulit atau sederhananya pertanyaan yang diajukan, siswa harus mempersiapkan diri dengan baik daripada mengandalkan nilai mereka di akhir periode persiapan.

 

8. Revisi secara berkala.

Salah satu langkah terpenting dalam mempersiapkan ujian secara efektif adalah dengan merevisi sebanyak mungkin. Melatih diri sesuai jadwal memang bermanfaat, tetapi hal itu menjadi penghalang saat Anda mempersiapkan diri sesuai jadwal. Jadi ajarkan anak Anda meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan revisi.

 

9. Perhatikan tanggal-tanggal penting ujian.

Mempersiapkan diri menghadapi ujian sangatlah penting agar dapat memperoleh nilai yang baik, namun penting juga untuk memperhatikan tanggal-tanggal penting. Penting bagi siswa untuk tidak melewatkan tanggal ujian penting karena mereka mungkin kehilangan banyak nilai jika tidak mempersiapkan diri tepat waktu. Karena gugup, anak mungkin melewatkan tanggal-tanggal penting.

 

10. Tetap aktif dengan menambahkan beberapa aktivitas menyenangkan ke dalam rutinitas anak.

Ajari anak untuk beristirahat sejenak di sela-sela waktu belajarnya. Tambahkan beberapa aktivitas menyenangkan ke jadwal harian anak yang bisa memperlancar proses belajar tanpa melupakan hobinya juga.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement