Selasa 05 Sep 2023 01:06 WIB

Bagaimana Kenalkan Dunia Politik pada Anak?

Ada banyak informasi dan kesempatan untuk membantu orang tua memulai diskusi politik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kesadaran awal akan politik juga dapat membantu membangkitkan rasa tanggung jawab sosial pada anak Anda.
Foto: Unsplash
Kesadaran awal akan politik juga dapat membantu membangkitkan rasa tanggung jawab sosial pada anak Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Mungkin sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana berbicara dengan anak Anda tentang politik, tapi itu tidak sesulit yang dibayangkan. Ada banyak informasi dan kesempatan untuk membantu Anda memulai diskusi, menjawab pertanyaan, dan membangkitkan antusiasme anak Anda. Berikut ini tahapan mengajarkan dunia politik pada anak, seperti dilansir The School Run, Senin (4/9/2023).

 

Baca Juga

1. Mengunjungi gedung parlemen

Ini adalah sebuah fakta yang jarang diketahui bahwa siapa pun, mulai dari keluarga hingga kelompok sekolah, dapat mengunjungi gedung parlemen secara gratis saat sidang sedang berlangsung.  Menurut David Carr, petugas pengembangan pelatihan guru di Houses of Parliament Education Service, melihat parlemen beraksi adalah cara terbaik untuk mengetahui cara kerjanya.

 

 

2. Gunakan sumber daya parlemen 

Jika Anda tidak dapat mengunjungi parlemen secara langsung, Anda dapat memanfaatkan sumber daya dari Education Centre. 

 

3. Gunakan situasi kehidupan nyata 

Berbicara tentang situasi kehidupan nyata yang dihadapi anak Anda setiap hari dapat menjadi batu loncatan untuk percakapan politik. 

“Setiap ruang kelas mempunyai peraturannya sendiri untuk memastikan semua orang tahu apa yang mereka lakukan dan tetap aman, dan ini adalah analogi yang bagus untuk Parlemen,” kata David seperti dilansir The School Run, Ahad (3/9/2023).

 

4. Fokus pada contoh-contoh yang relevan

Beberapa undang-undang mungkin tampak jauh di atas tingkat pemahaman anak Anda, namun ada banyak contoh undang-undang terbaru yang secara langsung mempengaruhi mereka, seperti undang-undang yang melarang orang dewasa merokok di dalam mobil ketika ada anak-anak. 

Berbicara dengan mereka tentang bagaimana politik mempengaruhi kehidupan mereka sehari-hari membantu menjadikannya lebih relevan dan mudah diakses.

 

5. Menonton berita bersama-sama 

Menonton berita atau membaca koran bersama anak Anda dapat memulai diskusi tentang apa yang terjadi di dunia politik. Tergantung pada usia anak Anda, materi yang dikembangkan khusus untuk anak-anak, bisa menjadi pilihan yang lebih aman daripada membahas berita nasional.

 

6. Kenali anggota parlemen setempat 

Anggota dewan dan anggota parlemen setempat sering kali mudah dihubungi, dan melihat permasalahan yang mereka tangani di wilayah Anda dapat membantu anak-anak memahami peran politik dalam komunitas mereka. Mereka bahkan dapat menulis surat kepada anggota dewan setempat tentang hal-hal yang berdampak pada mereka, seperti vandalisme di area bermain.

 

7. Kembali ke masa lalu 

Sejarah penuh dengan kisah-kisah menarik tentang parlemen dan politik dan banyak di antaranya terkait langsung dengan National Curriculum. Menjelajahi topik-topik seperti ini akan membantu anak Anda melihat perubahan Parlemen selama bertahun-tahun.

 

8. Jelajahi apa arti demokrasi  

Proyek digital Vital Voters adalah sebuah cara bagi anak-anak di bawah 18 tahun untuk merasakan sendiri betapa kuatnya kekuatan demokrasi untuk melakukan perubahan. Cari tahu tentang demokrasi di Inggris di masa lalu, sekarang, dan masa depan melalui konten termasuk animasi dan film pendek dari People's History Museum.

 

9.Dorong kehadiran politik anak Anda 

Sekolah sering kali memberikan kesempatan bagi anak Anda untuk terlibat dalam politik kehidupan sekolah. Bergabung dengan klub debat atau dewan sekolah, atau mencalonkan diri sebagai ketua DPR dalam pemilihan sekolah, akan memberi anak Anda wawasan tentang cara kerja demokrasi. 

 

11. Menandatangani petisi 

"Anak-anak sering kali merasa sangat bersemangat terhadap suatu isu, dan meskipun mereka belum cukup umur untuk memilih, mereka dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dengan menandatangani petisi elektronik untuk mendapatkan dukungan terhadap hal-hal yang penting bagi mereka," kata David.

 

12. Ajak anak Anda untuk memilih

Membawa anak Anda ke tempat pemungutan suara bersama Anda pada hari pemilu akan membiasakan mereka dengan bagaimana proses pemungutan suara sebenarnya berjalan, dan merupakan kesempatan berharga untuk menjadi teladan dalam kesadaran politik.

 

13. Jangan memaksakan agenda Anda sendiri 

Jika Anda memiliki pandangan politik yang kuat, akan sulit untuk menolak mempengaruhi anak Anda, namun politik adalah tentang setiap individu yang mempunyai hak atas pendapatnya sendiri dan agar suaranya didengar. Jadi cobalah untuk tidak memaksakan agenda Anda sendiri. Lebih baik menuntun mereka ke jalan tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement