Sabtu 09 Sep 2023 18:35 WIB

Manfaat Solo Traveling dan Tips Perjalanan Supaya Aman

Banyak orang ingin lebih menikmati kenyamanan liburan setiap waktu.

Memilih untuk solo traveling menjadi salah satu kegiatan menyenangkan dalam menghilangkan stres. (ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Memilih untuk solo traveling menjadi salah satu kegiatan menyenangkan dalam menghilangkan stres. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Memilih untuk solo traveling menjadi salah satu kegiatan menyenangkan dalam menghilangkan stres. Apalagi dapat mengisinya dengan tamasya menuju daerah impian. Manfaatnya penting karena bisa menyegarkan pikiran dari kesibukan.

Pada dasarnya banyak orang melakukan aktivitas liburan bersama teman, keluarga atau pasangan. Pastinya menyenangkan karena melakukan bersama orang tersayang. Meski begitu solo trip sama baiknya terutama jika butuh waktu sendiri.

Kalian semakin leluasa pergi menuju destinasi atau wilayah manapun sesuai keinginan. Bahkan bisa kapan saja datang tanpa harus memperhatikan orang lain. Belum lagi terkesan hemat dan harus melakukan setidaknya sekali.

Saat ini kegiatan solo traveling semakin menyenangkan apapun tempat kunjungannya. Baik dalam negeri atau luar negeri sama bagusnya dilakukan. Jadi, akan berubah sebagai kesempatan sekali seumur hidup yang cukup penting.

 

Penting kalian ketahui apabila kegiatan liburan ini unik karena melakukan semuanya sendiri. Tentu tanpa membutuhkan bantuan travel guide maupun pihak ketiga lainnya. Tidak heran semakin fleksibel karena mudah menghitung budget.

Penyusunan itinerary hingga keinginan lainnya dalam liburan semakin maksimal. Tapi sebenarnya masih membutuhkan riset mencukupi sebelum mencobanya. Tidak lain supaya perjalanan semakin aman dan penuh dengan persoalan yang tepat.

Mengenal lebih jauh tentang solo trip

Solo trip termasuk sebagai tren yang terus berkembang hingga sekarang. Terutama karena banyak orang ingin lebih menikmati kenyamanan liburan setiap waktu. Apalagi jika ingin menuju destinasi pada wilayah impian kalian.

Perkembangan peminat solo traveling terbilang besar karena tidak perlu mencari pemandu. Meski begitu harus memiliki bekal riset tepat sebelum berkunjung. Jika sukses mempertimbangkan dan mencatat detail bisa menjadi solo traveler.

Untuk memenuhi kematangan perjalanan, harus memikirkan banyak hal terlebih dulu. Hal ini begitu penting karena ingin melakukan perjalanan lebih aman. Tentu bisa sesuai dengan keinginan karena memperoleh informasi yang lengkap.

Pada dasarnya kelengkapan tersebut mulai dari destinasi wisata, transportasi, makanan dan budget. Selain itu membutuhkan perlengkapan trip yang melimpah. Terutama apabila memang kalian butuhkan selama melaksanakan aktivitas liburan.

Sebenarnya kegiatan liburan sendiri bisa menyenangkan tapi seringkali terasa menantang. Apalagi berpeluang untuk melakukan eksplorasi pada destinasi wisata bebas. Belum lagi bisa berangkat maupun pulang kapanpun sesuai keinginan.

Apabila kalian memilih solo traveling terbilang penuh persiapan karena tidak terdapat bantuan. Melainkan semuanya mengurus sendiri karena tidak ada teman. Kebutuhan terhadap logistik dan sebagainya juga harus mempersiapkan sendiri.

Kematangan persiapan begitu krusial karena bermaksud menghindari beragam risiko. Pastinya terdapat keinginan untuk menikmati traveling dengan sempurna. Termasuk sukses besar melaksanakan setiap jadwal dalam itinerary perjalanan.

 

Tiga manfaat perjalanan solo traveler ke suatu Daerah

Mencoba berlibur sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat besar jika kalian laksanakan. Perjalanan menuju suatu daerah akan menjadi kenangan tersendiri. Tentu berguna untuk kesehatan mental maupun pikiran dan terjamin selalu bebas. Berikut ini tiga manfaat perjalanan solo traveler ke suatu daerah:

1. Bisa memilih destinasi sendiri

Kepastian untuk bisa memilih destinasi sendiri menjadi manfaat paling banyak pelancong nantikan. Jika memilih paket tentu sulit menentukan semuanya sendiri karena telah terancang. Bahkan sudah memiliki ikatan jadwal maupun waktu.

Tapi apabila memilih solo traveling semuanya mampu mengatur sendiri tanpa masalah. Bahkan apabila menuju destinasi pilihan yang menyusun sendiri pasti bisa. Itinerary tidak memiliki ikatan waktu sehingga terasa lebih nyaman.

2. Berani keluar dari zona nyaman

Kegiatan traveling solo bagus karena membantu kalian berani keluar dari zona nyaman. Apalagi kegiatan ini mendapatkan pengakuan menantang. Kalian bisa belajar saat masa sulit walaupun jauh dari rumah yang nyaman.

Tantangannya banyak karena membutuhkan kesabaran menjelajahi tempat baru. Saat melakukan perjalanan bisa menemukan sisi dari diri kalian lebih berbeda. Tentu kebanyakan pelancong merasa begitu positif setelah perjalanan berakhir.

3. Melepas stres dan depresi

Potensi untuk melepas stres dan depresi dari solo traveling pasti sukses kalian temukan. Apalagi jalan-jalan menjadi aktivitas yang mampu menyegarkan pikiran. Bahkan bisa bebas bepergian tanpa menguras terlalu banyak tenaga.

Kebebasan yang kalian rasakan bisa menimbulkan kebahagiaan sehingga depresi menurun. Terlebih berdasarkan penelitian terbukti efektif menghilangkan rasa tertekan. Tidak sedikit yang menyarankan melakukan sekali dalam setahun.

 

Empat tips untuk solo traveling wajib traveler ikuti

Manfaat besar yang kalian terima saat berlibur sendirian ternyata berharga. Tapi pada dasarnya akan menjadi tantangan karena melakukan semuanya sendiri. Artinya harus bisa mengikuti tips perjalanan sehingga dapat sukses besar. Di bawah ini empat tips untuk solo traveling wajib traveler ikuti:

1. Menyiapkan itinerary dan dokumen penting

Tips pertama yang penting kalian ikuti adalah menyiapkan itinerary dan dokumen penting. Bagian itinerary krusial karena menjadi rencana perjalanan liburan. Tidak heran menghindari rasa bingung dan efektif mengatur pengeluaran trip.

Sementara itu untuk dokumen sebelum solo traveling juga harus dilengkapi. Pastinya sudah menyiapkan identitas diri, paspor sampai tiket perjalanan tersebut. Bahkan wajib terdapat dalam tas atau koper bawaan sehingga siap.

2. Memahami akses akomodasi dan transportasi

Pentingnya memahami akses akomodasi dan transportasi harus kalian siapkan sejak awal. Tentu harus memastikan memilih penginapan aman sekaligus nyaman. Kalau perlu melihat review sehingga mampu menyiapkannya secara matang.

Tidak ada salahnya mempelajari apa kendaraan yang bisa kalian pakai selama liburan. Termasuk memperhitungkan rute terbaik untuk menuju destinasi pilihan. Semua informasi tersebut dapat kalian peroleh dengan mudah melalui internet.

3. Hanya mengunjungi destinasi favorit

Pilihan untuk hanya mengunjungi destinasi favorit mampu membuat solo traveling lebih berwarna. Tentu tidak wajib mengunjungi semua spot maupun destinasi. Tapi mencari objek terfavorit lebih baik sehingga hemat waktu.

4. Membawa obat pribadi

Kewajiban membawa obat pribadi penting karena perjalanan ini dilakukan sendiri. Artinya harus mengetahui kondisi tubuh terutama jika punya penyakit. Walau sehat sekalipun boleh membawa obat anti mual, vitamin, dan parasetamol.

 

Tiga kelebihan traveling solo

Melakukan solo trip pada dasarnya menyenangkan karena bisa melaksanakan cukup bebas. Bahkan bisa menikmati ragam destinasi impian tanpa kesulitan. Banyak sekali kelebihan yang akan kalian temukan selama menjalani kegiatan tersebut.

1. Semakin terstruktur dan sistematis

Kepastian perjalanan semakin terstruktur dan sistematis tentu banyak sekali kalian rasakan. Apalagi melakukan perjalanan sendiri tidak semudah itu. Kalian perlu mampu mengatur jadwal sampai menyiapkan semua kebutuhannya sendirian.

Belum lagi solo traveling perlu adanya rincian sehingga terstruktur hingga sistematis. Detail mampu membantu pelancong supaya tidak kewalahan saat liburan. Bahkan mampu mengasah kemampuan sehingga tambah trip berpengalaman.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Kemungkinan meningkatkan rasa percaya diri sebenarnya nyata karena semuanya kalian lihat sendiri. Baik saat menyiapkan hotel, perjalanan dan biaya lebih detail. Artinya tidak akan tersesat karena berpengalaman untuk mengurusnya.

Meningkatkan kepercayaan semakin terasa karena bisa mengurus perjalanan bersifat pribadi. Kalian tidak lagi membutuhkan campur tangan orang lain pada masa tersebut. Jadi, memastikan semangat dan kenyamanan liburan pasti nikmat.

3. Bebas menentukan lama waktu trip

Pelancong bebas menentukan lama waktu solo traveling tersebut. Kalau ikut bersama dengan paket tentu harus mengikuti jadwal itinerary cukup padat. Hal ini juga banyak terjadi apabila berlibur mengajak orang lain.

Tapi kalau memilih sendirian bisa menentukan kapan waktu ingin datang atau pergi. Tidak menutup kemungkinan bersantai selama apapun pada destinasi pilihan. Tentu bisa sambil mengambil gambar atau menikmati lingkungan sekitar.

 

Tiga kekurangan melakukan trip traveling sendirian

Kebebasan pada dasarnya menjadi kelebihan yang ingin traveler inginkan selama melakukan trip. Meski begitu terdapat beberapa kekurangan yang penting kalian perhatian. Terutama supaya bisa menghadapi atau mengatasinya dengan baik. Seperti berikut ini ada tiga kekurangan melakukan trip traveling sendirian:

1. Tidak punya teman untuk saling menjaga

Melakukan solo traveling pasti tidak memiliki teman yang saling menjaga. Kalau secara berkelompok tentu bisa saling menjaga satu sama lain. Beda apabila solo karena semuanya sendirian dan harus selalu fokus.

Selain itu karena tidak terdapat teman, artinya harus memastikan kondisi selalu aman. Terutama apabila ingin menuju destinasi tujuan yang kalian inginkan. Penting untuk tetap bersantai supaya perjalanan terasa lebih nyaman.

2. Tidak memiliki teman ngobrol

Perjalanan solo tidak memiliki teman ngobrol selama melakukan berbagai aktivitas tersebut. Cenderung selalu sendirian sehingga terkadang kesepian. Tapi bisa berinteraksi dengan traveler lain ataupun para warga lokalnya.

Inti solo traveling adalah mengubah kesehatan mental dan fisik. Apabila membuka pembicaraan dengan orang lain artinya tidak kesepian. Tapi jika sudah terbiasa enjoy sendiri akan menikmati perjalanan tanpa rasa sepi.

3. Jika belum berpengalaman akan kesulitan

Salah satu risiko penting kalian ingat yakni jika belum berpengalaman akan kesulitan. Hal ini wajar terjadi terutama kalau kesulitan untuk menyiapkan liburan. Artinya butuh waktu menyiapkan struktur dan detail dulu.

Apabila telah memahami tips beserta kelebihan dan kekurangan tentu bisa banyak melakukan pertimbangan. Termasuk beragam persiapan penting yang harus matang sebelum perjalanan. Jadi, solo traveling terjamin lebih aman dan nyaman.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement