Jumat 01 Sep 2023 18:00 WIB

'One Piece' Jadi Trending di Medsos, Ini Perbedaan Antara Live-Action dan Manga

'One Piece' versi live action telah tayang di Netflix.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan diserial One Piece versi live-action yang tayang di Netflix. Serial ini memiliki beberapa perbedaan dengan versi manga.
Foto: Netflix
Salah satu adegan diserial One Piece versi live-action yang tayang di Netflix. Serial ini memiliki beberapa perbedaan dengan versi manga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serial live-action “One Piece” mulai tayang perdana di Netflix sejak Kamis (31/8/2023) dan langsung menjadi perbincangan hangat di antara penggemar. Berbeda dengan anime yang mencoba me-remake shot-for-shot dari manga Eiichiro Oda, live-action Netflix membuat beberapa perubahan dari materi sumbernya.

Beberapa perubahan dalam adaptasi live-action "One Piece" ini pasti akan menyebabkan beberapa diskusi hangat di antara para penggemar. Jika kamu penasaran, berikut beberapa perubahan yang dilakukan dalam adaptasi live-action seperti dilansir Pop-verse, Jumat (1/9/2023):

Baca Juga

1. Perubahan di Romance Dawn Arc

Episode pembuka dari live-action menggunakan sedikit penceritaan non-linear untuk menyelingi adegan-adegan dari latar belakang Luffy ke dalam cerita tentang bagaimana dia mengumpulkan kru pertamanya. Namun, ceritanya tidak banyak menyimpang hingga ia mencapai Shells Town dan bertemu dengan Zoro, Helmeppo, dan Kapten Morgan.

Perubahan besar selama episode ini adalah organisasi kriminal yang dikenal sebagai Baroque Works diperkenalkan di episode pertama live-action, berbeda dengan di manga yang diperkenalkan pada bab 100. Selain itu, Luffy juga hadir ketika Zoro membuat marah Helmeppo dan ditangkap oleh Kapten Morgan.

Perubahan lainnya adalah Nami hadir ketika Luffy masuk ke pangkalan Marinir dan bertarung untuk membantu membebaskan Zoro. Selain itu, pada live-action, Straw Hat Pirates atau Bajak Laut Topi Jerami mencuri peta menuju Grand Line dari Kapten Morgan, bukan dari Buggy seperti yang mereka lakukan di Manga.

2. Perubahan di Orange Town Arc

Ketika kru Straw Hat Pirates yang masih baru tiba di Orange Town, mereka menemukan bahwa kota tersebut telah diambil alih oleh Buggy si Bajak Laut dan krunya. Anime aslinya membutuhkan lima episode untuk menceritakan pertemuan ini, tetapi adaptasi live-action "One Piece" mempersingkatnya menjadi satu episode berdurasi satu jam.

Seperti yang kamu duga, ceritanya banyak diedit dan dirampingkan, dengan sebagian besar kru Buggy dihilangkan atau hanya menjadi cameo singkat. Pertarungan melawan Buggy terjadi hampir seluruhnya di dalam tenda sirkus, bukan di seluruh kota.

Teman pertama Buggy, Mohji dan anjing lokal Chouchou, memainkan peran penting dalam cerita di manga, namun dihilangkan dalam versi ini. Kemudian Cabaji, teman kedua Buggy, dan walikota Orange Town, Boodle, memiliki peran yang sangat kecil dalam "One Piece" live-action.

3. Perubahan di Syrup Village Arc

Syrup Village adalah tempat dimana Straw Hat Pirates mendapatkan kapal asli pertama mereka dan juga salah satu kru terlama mereka, Usopp, setelah menyelamatkan Lady Kaya dari kepala pelayannya yang berbahaya, Klahadore. Seperti episode-episode sebelumnya, pertempuran telah diringkas dengan banyak karakter pendukung yang dihilangkan atau diubah seluruhnya. Mungkin beberapa perubahan terbesar dalam pertunjukan "One Piece" live-action hadir dalam dua episode ini.

4. Perubahan di Baratie Arc

Restoran terapung di Baratie adalah perhentian selanjutnya dari Straw Hat Pirates. Restoran terapung ini memberikan Luffy dan krunya waktu istirahat sekaligus memperkenalkan anggota kru berikutnya, Sanji. 

Namun, para penggemar akan menyadari bahwa karakter utama dari manga One Piece sama sekali tidak muncul dalam dua episode ini, digantikan oleh kemunculan Arlong untuk pertama kalinya. Arlong menggantikan Don Krieg sebagai tokoh antagonis utama dalam bagian ini.

Sementara itu, Luffy terdaftar sebagai anak buah kapal di Baratie karena dia gagal membayar tagihannya, sementara dalam manga aslinya, dia melunasi kerusakan yang dia lakukan pada restoran ketika mereka pertama kali tiba. Pertempuran melawan Don Krieg dan seluruh krunya juga dihilangkan dari "One Piece" live-action.

5. Perubahan di Arlong Park Arc

Perbedaan terbesar antara "One Piece" live-action dan animenya adalah motivasi di balik kebencian Arlong terhadap manusia. Selama arc manga ini, dia hanya meremehkan manusia karena secara fisik lebih lemah dari Fish-Men (manusia Ikan). Pertunjukan live-action menjelaskan bahwa Fish-Men sebelumnya diperbudak dan ditindas oleh manusia, sesuatu yang tidak terungkap sampai jauh di kemudian hari dalam manga.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement