Jumat 01 Sep 2023 07:29 WIB

Jangan Salah Pilih Perhiasan, Ini Kiat yang Tepat

Perhiasan juga dapat merusak tampilan bila tidak ditata dengan benar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perhiasan menjadi salah satu pilihan favorit dalam mempercantik busana. Sebagian orang bahkan menganggap perhiasan sebagai menjadi perpanjangan dari kepribadian dan dirinya. /ilustrasi
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Perhiasan menjadi salah satu pilihan favorit dalam mempercantik busana. Sebagian orang bahkan menganggap perhiasan sebagai menjadi perpanjangan dari kepribadian dan dirinya. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dengan berbagai jenis material dan beragam bentuk yang menyesuaikan dengan kebutuhan serta selera yang berbeda, tidak heran perhiasan menjadi salah satu pilihan favorit dalam mempercantik busana. Sebagian orang bahkan menganggap perhiasan sebagai menjadi perpanjangan dari kepribadian dan dirinya. 

Namun, penting untuk diperhatikan, perhiasan juga dapat merusak tampilan bila tidak ditata dengan benar. Bahkan, jika tidak dipadukan dengan baik, perhiasan juga dapat membuat tampilan terlihat terlalu berlebihan. Oleh karenanya, meskipun memiliki banyak koleksi perhiasan, penting juga untuk mengetahui cara menata setiap perhiasan agar tampilan menjadi semakin menarik. 

Baca Juga

Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi mengatakan perhiasan merupakan salah satu aksesoris yang kerap digunakan untuk melengkapi gaya berpakaian, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun acara penting. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan tren serta industri, aksesoris pun semakin digemari karena hadirnya berbagai desain menarik dengan harga yang semakin terjangkau. "Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap outfit, perhiasan juga dapat menjadi statement yang digunakan untuk menunjukkan kepribadian seseorang," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (1/9/2023). 

Untuk memudahkan Anda menata dan menggunakan perhiasan dengan tepat, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dengan mudah:

1. Fokus satu area

Fokuskan perhiasan pada satu area badan yang sudah ditentukan. Minimalis alias less is more terkadang menjadi sentimen yang dipilih sebagian orang. Jika kamu termasuk yang setuju dengan sentimen ini, berarti kamu menyukai gaya simpel dan terlihat apa adanya. Meski ingin terlihat menarik dengan beragam padu padan perhiasan, ada kalanya kreativitas kamu harus ditahan terlebih dahulu. Salah satu contohnya adalah ketika kamu sedang berpakaian untuk pergi ke kantor, sebaiknya kamu memilih salah satu area tertentu di tubuh kamu untuk ditampilkan. Biarkan area tersebut menjadi fokus perhatian, dengan begitu kamu tidak akan terlihat berlebihan. Bila Anda memilih area leher sebagai fokus utama, gunakan kalung cantik yang simpel. Namun bila Anda ingin fokus berada di wajah, area telinga dapat menjadi pilihan yang tepat. 

 

2. Tampil menarik dengan layering perhiasan

Layering berarti menambahkan beberapa elemen dari jenis perhiasan yang sama untuk membuat tampilan dinamis dan lebih keren namun tetap cantik. Saat melakukan layering, Anda boleh menggabungkan emas dan perak, namun yang terpenting adalah memperhatikan ukuran berbagai item yang Anda gunakan. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan gelang dan cincin. Namun sahakan terdapat item jewelry yang lebih tebal dipadukan dengan yang lebih pipih.

 

3. Bersinar dengan perhiasan yang serasi  

Jika ingin menggunakan beberapa koleksi perhiasan namun ingin tetap bermain aman, pertimbangkan perhiasan yang serasi sebagai pilihanmu. Warna dan desain perhiasan yang serasi memungkinkan Anda untuk bebas memilih ingin memasangkan kalung dengan gelang, gelang dengan cincin, bahkan anting dengan cincin karena penampilanmu tetap akan terlihat senada. Tips ini juga merupakan pilihan yang cocok untuk semua suasana karena masih cukup sesuai untuk kegiatan formal seperti bekerja di kantor, namun cukup menarik juga untuk dipakai untuk acara santai. 

 

4. Pilih batu permata dengan warna 

Hilangkan kesan monoton dan kenakan sesuatu yang memiliki aksen warna untuk melengkapi busanamu. Pilihan warna perhiasan tidak hanya terbatas pada emas dan perak, jika kamu ingin tampilan yang lebih segar, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan warna-warna indah pada tampilan Anda

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement