Senin 28 Aug 2023 18:19 WIB

Hubungan Suami-Istri Terasa Hambar? Ikuti Tips Ini Agar Mesra Kembali

Bagaimana caranya untuk mengembalikan gejolak cinta antara suami dan istri?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan suami istri (ilustrasi). Hubungan rumah tangga yang terasa hambar dapat dihangatkan kembali dengan beberapa cara.
Foto: www.rawpixel.com
Pasangan suami istri (ilustrasi). Hubungan rumah tangga yang terasa hambar dapat dihangatkan kembali dengan beberapa cara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hubungan berumah tangga, ada kalanya suami atau istri merasakan kejenuhan. Jika terus-menerus dibiarkan, hubungan antara suami dan istri dapat terasa hambar. 

Bagaimana caranya untuk mengembalikan gejolak cinta antara suami dan istri? "Hubungan umumnya menjadi membosankan karena pasangan 'kabur' dari masalah,” kata Franklin Porter seorang psikoterapis di New York, Franklin Porter, seperti dilansir laman Womens Health, Ahad (27/8/2023).

Baca Juga

Porter mengatakan, jatuh cinta atau kembali jatuh cinta adalah tindakan yang disengaja. Meskipun tidak ada satu pun pasangan yang bisa membuat segalanya menjadi sempurna, Anda pasti bisa melakukan bagian Anda untuk menyegarkan kembali hubungan Anda ketika keadaan tidak berjalan baik.

Inilah yang harus dilakukan untuk jatuh cinta lagi:

 

1. Lakukan sesuatu untuk membuat hidup pasangan Anda lebih baik

Seorang psikolog di Philadelphia, Seth J Gillihan, menyarankan untuk merencanakan sesuatu yang tidak terduga, seperti mengerjakan salah satu tugas pasangan atau membuatkan pasangan makan siang yang enak. 

2. Berjauhan dalam beberapa waktu

Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi terkadang ketika keadaan menjadi sedikit buruk, Anda memerlukan "pemisahan" untuk menyalakan kembali semangat tersebut. Beri diri Anda waktu dan ruang untuk menjadi diri sendiri.

“Ketika dua orang merasa hubungan mereka sudah hambar, mereka mungkin merasa seolah-olah mereka telah berpisah,” kata seorang terapis seks dan hubungan dan penulis Love Worth Making, Stephen Snyder.

3. Tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan

Terkadang saat merasa "terputus" dari pasangan, masalahnya bukan pada kurangnya gairah, melainkan adanya kebencian. Itu datang saat Anda merasa seperti korban dan mereka pasangan seperti pelaku. Jadi luangkan waktu sejenak untuk menilai apa yang pasangan alami dan apa kebutuhannya.

4. Habiskan lebih banyak waktu bersama pasangan 

Memutuskan hubungan dari dunia di sekitar Anda untuk benar-benar bersama pasangan dapat membantu merasakan kembali perasaan tersebut. Pasalnya ini mengingatkan bahwa Anda berdua adalah satu tim (bukan dua orang yang terhubung tanpa alasan yang jelas).

“Luangkan waktu untuk berbicara bersama dengan cara yang berbeda,” kata Snyder. 

5. Bersenang-senang bersama

Penelitian menunjukkan, pasangan yang tertawa bersama sering kali memiliki hubungan yang lebih bahagia dan tetap bersama dalam jangka panjang. Cobalah untuk memeriksa diri sendiri ketika Anda merasa kesal dengan pasangan, apakah dia benar-benar melakukan sesuatu yang mengganggu Anda, atau bisakah Anda hanya menertawakannya? 

6. Berhenti dan perhatikan pasangan Anda

Saat menghadapi kesibukan sehari-hari, mudah untuk memperhatikan orang di sebelah Anda. Tentu saja, Anda melihatnya setiap hari, tetapi apakah Anda benar-benar melihatnya? Lebih memperhatikan siapa pasangan dan apa yang pasangan lakukan dapat membantu Anda jatuh cinta kembali.

“Memperhatikan pasangan, memuji penampilannya, atau memberikan isyarat penghargaan secara acak akan membuat orang lain merasa lebih menarik dan diinginkan, dan kemungkinan besar akan meningkatkan hasrat,” kata Porter. Dengan kata lain, kembalikan beberapa pesan genit dan tatapan ekstra panjang ketika pertama kali berumah tangga. 

 

7. Bergiliran merencanakan kencan malam 

Terkadang yang diperlukan untuk membantu Anda terhubung kembali hanyalah menjadwalkan kencan malam. Tidak ada anak, tidak ada teman, hanya Anda berdua. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, Porter menyarankan untuk bergantian merencanakan malam hari dan merahasiakan detailnya.

“Setuju bahwa Anda berdua akan benar-benar terbuka terhadap gagasan satu sama lain tentang kencan malam ini,” kata Porter. Dengan begitu, Anda berdua dapat mengambil bagian dalam kejutan dan bersemangat merencanakan sesuatu yang istimewa dan Anda berdua mendapatkan kesempatan untuk berkencan. 

8. Tuliskan semua perubahan 

Luangkan waktu 15 menit untuk menuliskan semua perubahan yang mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. "Sertakan hal-hal kecil, seperti 'Dia mencuci piring tadi malam', dan juga hal-hal yang lebih besar, seperti 'Dia mengajariku bahwa aku dicintai tanpa syarat'".

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement