Senin 28 Aug 2023 17:24 WIB

Tuduh Lagu Jungkook BTS Plagiat, Produser Musik Ini Kena 'Batu'-nya

Lagu 'Time of Mask' justru kini dituduh menjiplak tembang milik Spice Girls.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di video musik Seven milik Jungkook BTS. Lagu ini dituduh menjiplak karya Yang Joon-young berjudul Time of Mask.
Foto: BigHit Entertainment
Salah satu adegan di video musik Seven milik Jungkook BTS. Lagu ini dituduh menjiplak karya Yang Joon-young berjudul Time of Mask.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produser K-pop Yang Joon-young sebelumnya mengejutkan industri musik Korea ketika menuduh lagu “Seven” milik Jungkook BTS menjiplak lagu “Time of Mask” milik Fin.K.L., yang dia produksi. Tuduhan tersebut ditanggapi dengan skeptis karena “Seven” ditulis oleh produser di luar negeri, serta fakta bahwa sebagian besar pendengar tidak menemukan kesamaan dengan lagu-lagu tersebut.

Dilansir Koreaboo pada Senin (28/8/2023), pada 24 Agustus lalu, media hiburan Korea, Dispatch, merilis sebuah artikel yang memberikan bukti faktual yang tampaknya membersihkan nama Jungkook dari segala kesalahan.

Baca Juga

Kini Yang Joon-young kini seolah kena "batu"-nya dari tuduhan tersebut. Saat ini, justru dia yang menghadapi tuduhan plagiat. Pendengar yang mendengar lagu Fin.K.L karena kontroversi tersebut menyadari bahwa lagu tersebut sangat mirip dengan grup Spice Girls.

“Saya biasanya tidak ikut serta dalam drama tersebut tetapi klaim plagiarisme 'Seven' itu konyol. Bisa dengan mudah saya bilang kalau lagu Fin.K.L 'Time of Mask' merupakan plagiarisme dari lagu Spice Girls, 'Say You'll Be There'. Dengarkan keduanya dan katakan padaku aku salah!,” ujar salah satu akun @XXs_Nxona_ARMY di X (sebelumnya Twitter).

Hanya dengan mendengarkan 30 detik pertama lagu sukses Spice Girls “Say You'll Be There”, mustahil untuk mengabaikan kemiripannya dengan melodi utama Fin.K.L di “Time of Mask”. “Say You’ll Be There” dirilis pada tahun 1996, tiga tahun penuh sebelum “Time of Mask.”

Warganet di seluruh dunia menyesali ironi tersebut dan dibuat bingung dengan keberanian Yang Joon-young. Seorang warganet mengungkapkan, ”Saya mengetahui bahwa ‘Time of Mask’ lebih mirip dengan Spice Girls!”.

Kemudian, ada juga warganet yang mengatakan “Lagu Fin.K.L lebih mirip dengan lagu Spice Girls menurutku, LOL. Saya pikir dia sedang menghadapi masalah”. 

Ada juga yang mengatakan, “Serius, intro ‘Time of Mask’ identik dengan ‘Say You Will Be There".

Tak ketinggalan, ada yang berkomentar, “Jadi, apakah kita kirimkan saja ini ke produser Spice Girls?”.

Seperti diberitakan sebelumnya, lagu populer “Seven” yang dibawakan Jungkook BTS feat Latto dituduh plagiat oleh komposer "Time of Mask" Fin.K.L. Menurut laporan outlet media eksklusif pada 22 Agustus waktu Korea, tuduhan plagiarisme telah diajukan terhadap single debut solo BTS Jungkook, "Seven" feat Latto.

Single berbahasa Inggris "Seven" feat Latto itu disusun dan ditulis oleh Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, dan Latto. Single tersebut saat ini dituduh memiliki urutan tangga nada yang sama sebagai melodi kunci yang digunakan dalam "Time of Mask" milik grup K-Pop Fin.K.L, yang dirilis pada tahun 2000.

"Time of Mask", lagu b-side dari album SPECIAL disusun oleh Yang Joon-young. Agensi BigHit Music yang menaungi BTS menanggapi tuduhan tersebut dalam sebuah pernyataan kepada outlet media Star News.

“Kami ingin mengungkapkan bahwa tuduhan yang mengeklaim 'Seven' Jungkool menjiplak adalah salah,” demikian pernyataan tersebut, seperti dikutip dari Koreaboo, Selasa (22/8/2023).

Dijelaskan bahwa “Seven” dibuat melalui kolaborasi lima produser internasional dan tidak ada hubungannya dengan lagu yang merupakan bagian dari album domestik 24 tahun lalu. Label tersebut menegaskan bahwa tuduhan itu sepihak, dan lagu tersebut tidak memenuhi kriteria apa pun yang digunakan untuk menilai plagiarisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement