Jumat 25 Aug 2023 17:04 WIB

Pandi Kenalkan .id Sebagai Identitas Digital Indonesia

Masyarakat mendapatkan insight baru tentang website, domain, cloud, dan hosting.

Jaringan internet (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Jaringan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) kembali menyelenggarakan event DomainFest .id. Ini merupakan wujud komitmen Pandi, sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia (.id), dalam turut memajukan dunia internet Indonesia.

Event akan dilaksanakan di The Breeze BSD, Tangerang pada 1-2 September 2023. Pada kesempatan itu, seluruh peserta yang hadir berkesempatan untuk mengikuti pameran, talkshow, workshop, hiburan, games maupun doorprize berhadiah senilai jutaan rupiah.

“Event DomainFest .id ini merupakan bentuk komitmen Pandi dalam memajukan industri domain, cloud, dan hosting di Indonesia. Hal ini sesuai dengan salah satu misi Pandi, yaitu berperan aktif dalam pengembangan, riset dan inovasi teknologi yang terkait dengan internet. 

Melalui event yang dilaksanakan selama dua hari ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat mendapatkan insight baru tentang website, domain, cloud, dan hosting. Serta mampu memberikan masukan untuk pengembangan infrastruktur internet ke depannya. Seperti penerapan blockchain, artificial intelligence (AI), dan lain-lain,” kata Ketua Pandi, John Sihar Simanjuntak. 

John menambahkan bahwa kegiatan ini akan diisi oleh berbagai pameran dari registrar maupun penyedia jasa internet. Termasuk berbagai talkshow dan workshop yang memuat insight terkini seputar dunia domain, cloud, dan hosting

Pada kegiatan DomainFest .id ini, kata dia, para registrar domain .id dan para penyedia jasa internet akan memamerkan produk-produk terbarunya. Selain itu, para peserta juga dapat belajar lebih dalam dan memberikan masukan terhadap perkembangan industri domain, cloud, dan hosting ke depannya melalui berbagai talkshow dan workshop menarik.

"Seperti talkshow cyber security oleh Affan Basalamah, workshop DNS oleh Onno W Purbo, talkshow blockchain oleh Ery Punta, kegiatan sekolah Go Digital, dan workshop pelatihan pembuatan website bagi UMKM,” papar John.

Pada kesempatan ini, Pandi juga akan membagikan domain, hosting, cloud, website, dan microsite s .id gratis kepada para peserta yang beruntung. "Hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi para peserta untuk mengeksplor lebih dalam terkait bagaimana memanfaatkan website maupun microsite sebagai identitas/sarana branding,” ujar John. 

Dia menuturkan, cara untuk mendaftar DomainFest .id ini cukup mudah. Hanya dengan mendaftar via link s.id/domainfest maka para peserta dapat hadir dalam acara DomainFest .id.

Para peserta yang telah mendaftar juga dapat ikut menyaksikan puncak acara dari DomainFest .id, yaitu pencanangan domain .id sebagai identitas digital Indonesia dan relaunching s.id sebagai microsite dan link shortener asli karya anak bangsa yang akan diresmikan secara langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,” kata John.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement