Rabu 23 Aug 2023 16:13 WIB

Bahaya Tersembunyi Daging Babi, Termasuk Daging Paling 'Mengerikan' Bagi Kesehatan

Daging babi merupakan salah satu daging yang paling berbahaya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Daging babi (ilustrasi). Daging babi memiliki bahaya tersembunyi bagi kesehatan.
Foto: www,freepik.com
Daging babi (ilustrasi). Daging babi memiliki bahaya tersembunyi bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam ajaran Islam, babi termasuk dalam hewan yang dilarang dikonsumsi. Larangan ini bukan tanpa alasan. 

Meskipun daging babi masuk dalam daging yang paling umum dikonsumsi di dunia, faktanya daging babi merupakan salah satu daging yang paling berbahaya. Daging babi memiliki beberapa risiko yang jarang dibahas.

Baca Juga

Simak empat bahaya tersembunyi dari daging babi, dilansir laman Healthline, Rabu (23/8/2023):

1. Hepatitis E

Banyak manfaat mengonsumsi jeroan, terutama hati karena kandungan vitamin A dan mineralnya yang sangat banyak. Tapi jika menyangkut daging babi, hati sangat berisiko.

Di negara-negara maju, hati babi adalah makanan yang paling banyak menularkan hepatitis E, virus yang menginfeksi 20 juta orang setiap tahun dan dapat menyebabkan penyakit akut (demam, kelelahan, penyakit kuning, muntah, nyeri sendi dan sakit perut), dan pembesaran hati. Terkadang gagal hati yang menyebabkan kematian.

Sebagian besar kasus hepatitis E tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, wanita hamil dapat mengalami reaksi hebat terhadap virus tersebut, termasuk hepatitis fulminan (gagal hati yang terjadi dengan cepat) dan risiko tinggi kematian ibu dan janin. Faktanya, ibu yang terinfeksi selama trimester ketiga menghadapi tingkat kematian hingga 25 persen.

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi hepatitis E dapat menyebabkan miokarditis (penyakit jantung inflamasi), pankreatitis akut (radang pankreas yang menyakitkan), masalah neurologis (termasuk sindrom Guillain-Barre dan amyotrofi neuralgik), kelainan darah, dan masalah muskuloskeletal, seperti peningkatan tekanan darah.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, termasuk penerima transplantasi organ yang menjalani terapi imunosupresif dan orang dengan HIV, lebih mungkin menderita komplikasi hepatitis E yang parah.

2. Sklerosis multipel

Salah satu risiko paling mengejutkan yang terkait dengan daging babi adalah multiple sclerosis (MS), suatu kondisi autoimun yang merusak dan melibatkan sistem saraf pusat. Hubungan kuat antara daging babi dan MS telah diketahui setidaknya sejak 1980-an, ketika para peneliti menganalisis hubungan antara konsumsi daging babi per kapita dan MS di banyak negara.

Meskipun negara-negara yang tidak menyukai daging babi seperti Israel dan India hampir terhindar dari penyakit MS yang merosot, konsumen yang lebih liberal, seperti Jerman Barat dan Denmark, menghadapi tingkat penyakit yang sangat tinggi.

Faktanya, ketika semua negara dipertimbangkan, asupan daging babi dan MS menunjukkan korelasi sebesar 0,87 (p<0,001), yang jauh lebih tinggi dan lebih signifikan dibandingkan hubungan antara MS dan asupan lemak (0,63, p<0,01), MS dan total asupan daging (0,61, p<0,01) dan konsumsi MS dan daging sapi (tidak ada hubungan signifikan).

Potensi otak babi memicu autoimunitas terkait saraf. Antara tahun 2007 dan 2009, sekelompok 24 pekerja pabrik daging babi secara misterius jatuh sakit dengan neuropati inflamasi progresif, yang ditandai dengan gejala mirip MS seperti kelelahan, mati rasa, kesemutan, dan nyeri.

 

Sumber wabahnya hal yang disebut kabut otak babi, partikel kecil dari jaringan otak yang terlempar ke udara selama pemrosesan karkas. Saat pekerja menghirup partikel jaringan ini, sistem kekebalan mereka, sesuai protokol standar, membentuk antibodi terhadap antigen babi asing.

Tapi antigen tersebut ternyata memiliki kemiripan yang luar biasa dengan protein saraf tertentu pada manusia dan hasilnya adalah bencana biologis, bingung siapa yang harus dilawan. Makanya sistem kekebalan pekerja melancarkan serangan pada jaringan saraf mereka sendiri.

3. Kanker hati dan sirosis

Selama beberapa dekade, konsumsi daging babi sama dengan angka kanker hati dan sirosis di seluruh dunia. Dalam analisis multi-negara, korelasi antara kematian akibat daging babi dan sirosis tercatat sebesar 0,40 (p<0,05) menggunakan data tahun 1965, 0,89 (p<0,01) menggunakan data pertengahan tahun 1970an, 0,68 (p=0,003) menggunakan data tahun 1996, dan 0,83 (p=0,003) menggunakan data tahun 1996. p=0,000) menggunakan data tahun 2003 (46, 47).

Dalam analisis yang sama, di antara 10 provinsi di Kanada, daging babi memiliki korelasi 0,60 (p<0,01) dengan kematian akibat sirosis hati. Sedangkan alkohol secara keseluruhan tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Daging babi tetap terkait secara independen dengan penyakit hati.

Analisis tahun 1985 menunjukkan, asupan daging babi berkorelasi dengan kematian karsinoma hepatoseluler sekuat alkohol. Daging babi cenderung tinggi asam lemak omega-6, termasuk asam linoleat dan asam arakidonat yang mungkin berperan dalam penyakit hati.

Nitrosamin yang merupakan senyawa karsinogenik telah dikaitkan dengan kerusakan dan kanker pada berbagai organ, termasuk hati. Salah satu sumber makanan nitrosamin terbesar adalah daging babi olahan. Tingkat nitrosamin yang signifikan telah ditemukan pada pate hati babi, bacon, sosis, ham, dan daging yang diawetkan lainnya. 

4. Yersinia

Selama bertahun-tahun, moto pencegahan daging babi adalah dilakukan dengan baik atau gagal akibat dari ketakutan akan trichinosis, sejenis infeksi cacing gelang yang merusak konsumen daging babi sepanjang abad ke-20. Berkat perubahan dalam praktik pemberian makan, kebersihan peternakan, dan kontrol kualitas, trichinosis yang ditularkan melalui babi telah hilang dari radar, mengundang babi merah muda kembali ke menu.

Tetapi aturan panas yang santai dari daging babi mungkin telah membuka pintu untuk jenis infeksi lain, yaitu yersiniosis yang disebabkan oleh bakteri Yersinia. Di AS saja, Yersinia menyebabkan 35 kematian dan hampir 117 ribu kasus keracunan makanan setiap tahun. Rute masuk utamanya untuk manusia adalah daging babi yang kurang matang.

Gejala akut Yersiniosis mencakup demam, nyeri, dan diare berdarah. Korban yang keracunan Yersinia menghadapi risiko artritis reaktif 47 kali lebih tinggi, sejenis penyakit radang sendi yang dipicu oleh infeksi.

Bahkan anak-anak menjadi sasaran artritis pasca-Yersinia dan terkadang memerlukan sinovektomi kimiawi (injeksi asam osmik ke dalam sendi yang bermasalah) untuk menghilangkan rasa sakit yang terus-menerus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement