Senin 21 Aug 2023 13:28 WIB

One Piece Kembali Pecahkan Rekor Dunia, Apa Kali Ini?

One Piece telah diterbitkan sebanyak lebih dari 500 juta kopi.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Natalia Endah Hapsari
Kreator One Piece, Eiichiro Oda yang mendapatkan pengakuan Guinness World Record untuk jumlah penerbitan manga terbanyak oleh satu mangaka atau kreator.
Foto: wallpaper cave
Kreator One Piece, Eiichiro Oda yang mendapatkan pengakuan Guinness World Record untuk jumlah penerbitan manga terbanyak oleh satu mangaka atau kreator.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- One Piece kembali meraih pengakuan dari Guinness World Record di 2023 ini. Kali ini, kreator One Piece, Eiichiro Oda yang mendapatkan pengakuan Guinness World Record untuk jumlah penerbitan manga terbanyak oleh satu mangaka atau kreator.

Pasalnya, hingga saat ini manga One Piece telah diterbitkan sebanyak lebih dari 500 juta kopi. Jumlah penerbitan ini terhitung sejak One Piece pertama kali diterbitkan yakni pada 1997 lalu.

Baca Juga

Dicetaknya manga One Piece hingga mencapai 500 juta kopi ini didorong dengan dirilisnya volume 103 pada Juli 2023 lalu. Jumlah tersebut tidak hanya untuk penerbitan di Jepang, namun di seluruh dunia.

Sebelum memecahkan rekor di 2023 ini, serial One Piece juga telah memecahkan rekor dunia sebelumnya pada 2014 lalu, seperti dilansir dari Otakumode, Senin (21/8/2023). Pada 2014, One Piece mencetak rekor dengan terjualnya menga tersebut sebanyak 320 juta kopi di seluruh dunia.

Eiichiro Oda memulai serial One Piece di Weekly Shonen Jump sejak 1997. Ceritanya mengikuti petualangan seorang pemuda yang memiliki cita-cita ingin menjadi Raja Bajak Laut, Monkey D. Luffy.

Bersama krunya, Luffy sebagai kapten dari kelompok bajak laut yang disebut Straw Hat Pirates (Bajak Laut Topi Jerami) berpetualang untuk meraih mimpinya tersebut. Saat ini, total sudah ada 103 volume dari manga One Piece yang sudah diterbitkan.

Terkait dengan adaptasi anime One Piece, mulai diserialkan pada 1999. Anime One Piece mencapai episode 1.000 pada 21 November 2021, dan hingga 20 Agustus 2023 sudah ada 1.073 episode yang ditayangkan di layar kaca.

Selain itu, serial One Piece juga sudah mengeluarkan sejumlah film anime. Film anime terbaru yang dikeluarkan yakni One Piece Film: Red yang mulai dirilis di Jepang pada 6 Agustus 2022 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement